banner 728x90

Mamuju, Katinting.com –  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Mamuju melakukan audiensi di sekolah-sekolah yang ada di kota Mamuju.

Selain membangun sinergi bersama dalam giat literasi, kegiatan tersebut salah satunya bertujuan untuk mengajak siswa untuk berperan aktif dalam kampanye Literasi.

Audiensi yang berlangsung, dilakukan langsung Kepala Dispusip Mamuju, Muhammad Fausan Basir didampingi Kabid Perpustakaan Dispusip, Marsaeni di enam sekolah, diantaranya SMPN 1 mamuju, MTsN 1 Mamuju, SMPN Simoro, SMPN 2 Mamuju, SMAN 1 Mamuju dan SMAN 2 Mamuju, Selasa (18/7/23).

“Saat ini Dispusip Mamuju melalui layanan perpustakaan kelilingnya telah menyasar sekolah-sekolah yang menjadi wewenang tugas Dispusip Kabupaten untuk lebaran h mendekatkan siswa dengan bahan bacaan,” tutur Kadispusip Muhammad Fausan Basir.

“Selain layanan perpustakaan keliling itu, kami juga melakukan kampanye-kampanye literasi baik dalam bentuk konvensional seperti pemasangan baliho, juga dalam bentuk elektronik melalui pengelolaan media sosial,” tambahnya.

Ia menjelaskan, Dinas perpustakaan sementara ini sedang menyusun program podcast dengan konsep diskusi dan narasi (diksi), episode pertama telah ditayangkan dengan narasumber dari pegiat literasi. Olehnya, untuk memaksimalkan kampanye ini pihaknya juga akan melibatkan siswa-siswa di Mamuju untuk dapat mengeluarkan gagasan ataupun menyampaikan keluh kesah terkait keliterasian yang ada di Mamuju.

“Diharapkan, dengan keterlibatan siswa dalam proses pembuatan podcast literasi tersebut, dapat memacu rasa keingintahuan teman sebayanya maupun siswa-siswa lainnya tentang apa sih itu literasi ? Mengapa hal itu perlu dilakukan dan apa saja manfaat bagi mereka kedepan jika gemar membaca buku,” jelas Muhammad Fausan Basir.

“Nantinya setelah ditayangkan melalui chanel youtube dinas perpustakaan, teman-teman siswa yang menjadi narasumber akan tertarik melihat tayangan tersebut, menyerap informasi yang ada didalamnya dan mau berkontribusi untuk menyebarluaskan budaya gemar membaca buku,” harapnya.

Kampanye literasi dalam bentuk podcast tersebut menggandeng MCinema.id selaku mitra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mamuju untuk proses pembuatan dan pengolahan video.

(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here