Foto Tambrin, Aktivis Mamasa saat unjukrasa. (Saldi)
banner 728x90

Mamasa, Katinting.com – Koalisi Aktivis Mamasa (KAM) menolak Penjabat (PJ) Bupati Kabupaten Mamasa, yang diduga lahir dari produk Partai Politik (Parpol) PDI Perjuangan.

Itu diungkapkan oleh Aktivis Mamasa, Tambrin, kepada wartawan mengatakan dirinya mendesak kepada Kemendagri untuk mencoret nama Yakub Solon, sebagai calon PJ Bupati Mamasa, Jumat 08 September 2023.

Tambrin mengatakan Yakub Solon diduga di bekingi salah satu Partai Politik (Parpol) penguasa yang tak lain dan tak bukan adalah PDIP.

“Dasar kuat yang membuat kami menyampaikan hal ini. Karena terbukti dengan adanya beredar foto Bapak Yakub Solon bersama petinggi PDIP di ruang kerjanya,” Katanya.

Selaku Aktivis lanjut Tambrin, pihaknya menginginkan PJ Kabupaten Mamasa harus orang netral yang tidak ber afiliasi Partai Politik untuk menjaga marwah wibawa pesta demokrasi 2024,

“Hal lain kami juga mendesak ke ke komisi ASN untuk segera memberikan Punishment (Hukuman) kepada bapak Yakub Solon yang diduga melanggar kode etik sebagai ASN,” Lanjutnya.

Ia menjelaskan dimana kita ketahui beliau masih status aktif sebagai ASN di lingkup Pemprov Sulbar.

“Jelas sekali dalam aturan dan surat edaran MENPANRB nomor B/71/M.SM/.00.00l2017 di salah satu point’ di tekanka disana bahwa ASN tidak boleh melakukan pendekatan terhadap partai politik terkait pengusulan dirinya maupun orang lain sebagai bakal calon Kepala Daerah atau Wakil Kepala Daerah,” ujarnya.

Dikatakan Tambrin, hal lain di perkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010. Tentang Kode etik ASN

Sehingga dari kami Koalisi Aktivis Mamasa akan segera melakukan aksi unjuk rasa dengan tuntutan dengan membawa tuntutan sebagai berikut:

  1. Menolak PJ Bupati Mamasa yang berafiliasi Parpol.
  2. Mendesak kepada PJ Gubernur Dan DPRD untuk segera menarik rekomendasi usulan atas nama Yakub Solon.
  3. Mendesak kepada Kemendagri untuk menolak PJ Bupati Mamasa yang di duga lahir dari partai politik karena akan menciderai marwah pesta Demokrasi 2024 yang lahir dengan kepentingan politik.
  4. Mendesak kepada Komisi ASN di Jakarta untuk segera memanggil Yakub solon yang terduga bermain mata dengan salah satu parpol dalam hal kepentingan untuk jadi PJ, di buktikan dengan foto bersama petinggi salah parpol.

“Jika tuntutan ini tidak di indahkan dipertimbangkan maka kami akan ke Jakarta untuk melakukan aksi demonstrasi di Kemendagri dan komisi ASN,” tegasnya.

Sementara itu, beredar di Media Sosial Yakub Solon sedang foto bersama dengan Petinggi Partai Politik Parpol (PDIP).

Foto Yakub Solon bersama dengan Petinggi Partai Politik Parpol. (Ist)

(Saldinyawan)

Bagikan
Deskripsi gambar...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here