Usman dan Ba’di masing masing memperlihatkan piala juara satu dan dua, hasil mereka pada lomba kantinting yang di ikutinya di Kabupaten Pinrang, Sulsel beberapa waktu lalu. (Dok. Ist)
banner 728x90

 

Mateng, Katinting.com – Nelayan asal Desa Kombiling, Kecamatan Pangale, Mamuju Tengah, harumkan nama Bumi Lalla Tassisara di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Berbekal satu unit mesin katinting, Usman dan Ba’di, menoreh prestasi terbaik pada lomba adu cepat dan kemudi katinting di laut, di Pinrang, Sulsel dengan menyabet gelar satu dan dua.

Kepada laman ini, Usman, menyampaikan bahwa beberapa kejuaran lomba katinting di luar Mamuju Tengah, telah mereka ikuti, dan tak pernah mengecewakan, sebab kalau tidak juara dua maka berada di posisi ketiga.

“Nah untuk yang Pinrang, Sulsel beberapa waktu lalu, mereka memyabet semua posisi satu dan dua pada perlombaan katinting di sana, dan tentu ini saya persembahkan bagi Mamuju Tengah” ujar Usman.

Katanya, lewat lomba yang di ikutinya, berharap bisa mengharumkan nama Mamuju Tengah di luar sana, sekalipun mereka hanyalah para nelayan, yang memang terbiasa di atas perahu katinting, melawan besarnya gelombang laut untuk sekedar mencari nafkah.

“Paling tidak dengan seringnya kami menjadi juara di luar Mamuju Tengah, atas lomba katinting selama ini kami ikuti, maka tentu nama Mamuju Tengah akan terbawa atas hasil yang kami dapatkan” kata Usman.

Akan tetapi ia juga menitip sekiranya pemerintah kabupaten Mamuju Tengah, juga bisa melakukan kegiatan yang sama, sehingga para pelomba katinting semakin banyak mengenal Mamuju Tengah, dan tentu dengan kegiatan itu, ia percaya, akan banyak peminat dari daerah lain di luar Sulbar akan ikut di kegiatan yang diadakan di Mamuju Tengah.

“Kan ini juga bisa menjadi salah satu daya tarik pengembangan pariwisata di Mamuju Tengah melalui wisata bahari, apalagi kemudian, kita punya potensi pantai yang sumber dayanya cukup besar dan bila digarap dengan baik bisa mensejahterahkan para nelayan yang hidup di pesisir pantai Mamuju Tengah” pungkas Usman.

(Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

2 KOMENTAR

  1. Auuuuu…. Klo bikin berita yg benar dong….. Mereka itu dari Dsn Dato’, Desa Sampaga, ke.Sampaga. kebetulan istrinya keluarga. Dan namanya itu Ba’du. BKN Ba’di. Ingat itu…. Jgn asal bikin berita!!!

  2. Setahu saya tim/perahu sandeq tersebut berasal dari dato’ desa sampaga kab. Mamuju,koq mamuju tengah yg disebut..??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here