oleh

Jangan Khawatir, Vaksin Kadaluarsa Tidak Akan Digunakan dan Dimusnahkan

banner 728x90
Satu Botol Vaksin. (Gambar Ilustrasi)

Polman, Katinting.com – Terkait adanya Vaksin Kadaluwarsa di kantor Dinas Kesehatan, masyarakat Polewali Mandar tidak usah khawatir, hal itu wajar karena vaksin kadaluwarsa maupun yang mendekati kadaluwarsa semua telah ditarik oleh Dinas Kesehatan untuk dimusnahkan.

Hal itu disampaikan oleh Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono.,S.IK. “Tak usah takut dengan Vaksin Kadaluwarsa, karena tidak digunakan, vaksin kadaluwarsa itu hal yang wajar,” ucapnya. Rabu (17/11) kemarin.

Ia mengatakan vaksin kadaluarsa ada 6 vial jenis Sinovac sebanyak 2 Vial sisanya moderna, dia menerangkan bahwa semua vaksin memiliki masa kedaluwarsa atau expired sebagaimana tercantum di botol atau wadah dari vaksin tersebut.

“Untuk pengelolaan vaksin, itu juga sama seperti pengelolaan obat, pengelolaan produk makan dan minuman. Ada istilahnya first expired, first out, termasuk vaksin Covid-19,” jelasnya.

Pengeluaran vaksin dari box pendingin, itu harus digunakan selama 30 hari ,seperti vaksin Moderna jika tidak digunakan dalam masa 30 hari sekalipun tidak masuk kategori expired itu sudah expired, jelasnya.

Expired Vaksin terjadi karena, Animo masyarakat tidak bisa ditebak untuk melakukan vaksin, naik turun. ungkapnya.

Ardi menekankan agar masyarakat tidak perlu takut dan khawatir tentang adanya vaksin Kadaluarsa, karena itu tidak digunakan dan akan segera dimusnahkan dengan berita acara pemusnahan, saat ini vaksin kadaluarsa 6 vial tersebut telah ditarik.

Penggunaan Vaksin, pihak melakukan sesuai dengan mekanisme yang ada, sesuai dengan aturan yang berlaku, kami sangat berhati – hati karena mempertaruhkan pekerjaan tanggungjawab sangat besar, jika melakukan hal yang tidak benar. Tegasnya.

Ia mengajak masyarakat agar yang belum vaksin segera melakukan vaksin, agar masa pandemi ini segera berakhir .

Irfan salah satu warga yang telah di vaksin mengatakan, dirinya tidak takut dengan adanya vaksin Kadaluarsa, karena itu tidak mungkin digunakan untuk kita masyarakat, pemerintah sudah berusaha sebaik mungkin untuk melindungi kita semua dari Corona.

Ed : Anhar

Bagikan
banner 728x90

Komentar