Mendagri bersama Pj Gubernur Sulbar dan Anwar Adnan Saleh
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) mengajukan tambahan dana alokasi umum (DAU) ke pemerintah pusat Rp 130 miliar. Utamanya DAU sektor pendidikan.

Penjabat Sulawesi Barat, Carlo B Tewu yang melaporkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bila tambahan Dana Alokasi Umum (DAU) ke Sulbar mendesak.

Sebab konsekuensi dari sejumlah pengalihan kewenangan Prasarana, Pembiayaan dan Dokumentasi (P3D), sesuai pengalihan pemeirntah pemerintah UU 23/2014.

“Khususnya pendidikan menengah atas kami membutuhkan anggaran Rp 130 miliar. Sebab adanya pengalihan kabupaten ke provinsi dan kita kekurangan paling tidak Rp130 miliar,” ungkapnya, Senin (9/1).

Carlo berharap tambahan DAU bisa mengoptimalkan layanan publik sehingga tambahan keuangan bisa dukungan Mendagri bisa disampaikan ke menteri keuangan. “Untuk itu mohon dukungan menteri,” paparnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan surat Gubernur Sulbar sebelumnya telah diterima menteri keuangan dan menteri keuangan sudah memilah untuk skala prioritas.

Skala prioritas kata Tjahjo akan diberikan yakni untuk sektor pendidikan utamanya gaji guru. Akan tetapi, menyangkut sektor perhubungan seperti jembatan timbang masih dibebankan ke daerah. (ADV/Srf)

Bagikan
Deskripsi gambar...