banner 728x90

Launching Gerakan Mamuju Mapaccing Perang Terhadap Sampah

1116 views
banner 728x90
Gerakan Mamuju Mapaccing Perang Terhadap Sampah

Bupati Mamuju saat launching Gerakan Mamuju Mapaccing

 

Katinting.com, Mamuju – Pemerintah Kabupaten Mamuju di bawah kepemimpinan Bupati H. Habsi Wahid dan Wakilnya Irwan SP Pababari serius untuk menciptakan Mamuju yang bersih, dimana Minggu pagi tadi (28/02) bertempat di Anjungan Pantai Manakarra dihadapan ribuan masyarakat secara simbolik melaunching Gerakan Mamuju Mapaccing.

Meski  mengakui gerakan ini banyak terispirasi dari gerakan serupa yang dilakukan di daerah lain, namun semangat gerakan Mamuju Mapaccing yang diambil dari bahasa daerah yang berarti gerakan Mamuju bersih, lebih berniat menumbuhkan kesadaran dari diri masing-masing masyarakat untuk lebih peduli terhadap persoalan sampah yang selalu menjadi momok dari dulu hingga saat ini.

”Seiring perkembangan jumlah penduduk yang terus meningkat tentu akan berbanding lurus dengan semakin banyaknya produksi sampah di masyarakat, karenanya untuk mengatasi hal ini perlu kesadaran kita semua dan mulai memerangi sampah sebagai musuh kita, agar daerah ini dapat segera menjadi daerah yang bersih nyaman dan asri,“ tutur Habsi.

Sebagai langkah nyata dalam gerakan Mamuju Mapaccing, setiap hari minggu usai melakukan kegiatan olah raga bersama para Pegawai Negeri maupun tenaga kontrak di tiap SKPD akan menjadi contoh dengan membersihkan kota Mamuju yang lokasinya telah direncanakan, hal ini diharapkan dapat merangsang kesadaran masyarakat untuk berbuat serupa minimal dilingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Dengan kerjasama dari semua pihak Bupati yang baru sembilan hari melaksanakan tugas ini menargetkan dalam seratus hari akan ada perubahan perwajahan Mamuju dari persoalan persampahan. Bahkan saat ditanya target Mamuju dapat meraih Adipura sebagai supremasi tertinggi penilaian kebersihan, nyaris kompak Bupati dan Wakil Bupati yang berdiri berdampingan di saat itu, sama-sama berujar dua sampai tiga tahun dalam masa jabatannya Mamuju dapat mengantongi adipura.

Habsi berharap gerakan tersebut nantinya bukan hanya seremonial belaka, namun ia berencana akan menuangkan dalam bentuk Peraturan Bupati yang mengatur tentang kebersihan dan sampah agar masyarakat dan seluruh stakeholder bisa benar-benar mengindahkan.

“Tentu gerakan mappaccing ini tidak hanya seremonial saja, tapi kita akan membuat suatu bentuk Peraturan Bupati yang mengatur tentang bersih-bersih ini, dan kita berharap masyarakat dan stakeholder yang ada benar-benar bisa mengindahkan, jadi secara hukum mereka bertanggung pada kebersihan kota ini,” urainya.

Bupati Mamuju saat launching Gerakan Mamuju Mapaccing

Bupati dan Wakil Bupati Mamuju turun langsung beraksi dalam Gerakan Mamuju Mapaccing

Lebih lanjut ia menambahkan akan menerapkan sanksi bagi pihak yang melanggar peraturan tentang sampah tersebut. Tak luput agar program tersebut berjalan mulus pihak swasta juga digandeng untuk membantu suksesnya gerakan Mamuju Mapaccing, salah satunya pihak perbankan yang juga terlihat langsung merespon gerakan ini dengan berbagai kegiatan yang ditawarkan. Seperti misalnya BRI yang membagi – bagikan kantong tas berwarna biru untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Semoga program ini jangan cuma seratus hari supaya Mamuju benar-benar jadi kota yang bersih, ungkap Firman salah seorang warga yang langsung ditimpali Adi dengan mengatakan akan butuh kerja keras untuk merubah kebiasaan kebanyakan orang tidak peduli sampah menjadi peduli.

Launching tersebut dihadiri juga Kapolres Mamuju Eko Walgianto beserta istri, Komandan Kodim 1418 Mamuju M Imran, Pimpinan Cabang BRI Mamuju. (HMS/Anhar Toribaras)

 

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.