banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Festival Musik Rock West Celebes, sekaligus launching Paket Wisata Karampuang Mamuju, Paket Wisata Mamasa dan Paket Wisata Polman berlangsung di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Jumat 11 November 2022 malam.

Membuka acara Sekprov Sulawesi Barat (Sulbar) Muhammad Idris mengatakan, festival diselenggarakan tersebut merupakan bagian dari usaha bersama mendorong, merangsang dan mengembangkan kreativitas anak negeri ini.

Menurut Idris, industri musik di negara manapun termasuk di Indonesia hanya bisa lahir dari adanya ekosistem atau dukungan lingkungan yang baik, dengan memberikan tempat yang seluas-luasnya bagi pemerhati musik dan anak-anak yang memiliki talenta.

Idris juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata Sulbar atas penyelenggaraan kegiatan itu. juga memberi apresiasi kepada seluruh group musik, khususnya genre rock celebes.

Dia menambahkan, saat ini tidak ada kegiatan apapun tanpa dukungan teknologi baru. Begitupun dengan kreativitas harus beriringan dengan tuntutan teknologi. Hal itu menjadi tantangan yang tidak mudah.

“Namun kami berharap dengan festival ini kita bisa memastikan bahwa tantangan itu bisa kita lewati dengan baik. Saya percaya, kegiatan ini bisa menjadi pemantik untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang,” tuturnya

Kadis Pariwisata Sulbar, Farid Wajdi mengatakan, kegiatan itu sebagai upaya dari Dinas Pariwisata Sulbar memberi dukungan kepada para pelaku ekonomi kreatif yang ada di daerah ini, untuk mengeksplorasi ide, gagasan kreatif, sehingga kedepan dapat berkarya lebih produktif.

Farid mengungkapkan, sesuai fakta bahwa industri ekonomi kreatif telah menjadi salah satu sumber pendapatan dan peluang bagi penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak.

Terkait pengembangan kepariwisataan di Sulbar, Dia menyampaikan, salah satu upaya yang dilakukan oleh pihaknya adalah membuat paket wisata di tiga kabupaten. Tujuannya, agar para wisatawan domestik atau mancanegara dapat dengan mudah memilih untuk melakukan kegiatan wisata di Sulbar sekali berkunjung.

“Tiga paket wisata yang kami buat adalah pertama paket wisata bahari Pulau Karampuang di Mamuju. Kedua, paket wisata tour Polman, meliputi wisata religi di Lapeo, wisata Gonda Mangrove di Desa Laliko, negeri di atas awan di Desa Bulo dan ketiga paket wisata di Mamasa, yakni berkunjung ke Tondok Bakaru,” terangnya

Pada event tersebut, selain pertunjukan musik rock juga menyediakan ruang bagi para pelaku ekonomi untuk melakukan pameran sebagai sub sektor ekonomi kreatif dengan beragam kuliner dan karya, sehingga kegiatan itu bisa diakses oleh masyarakat dan bagi pelaku ekonomi kreatif bisa meningkatkan ekonominya.

Adv. Diskominfosandi Sulbar

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here