Foto bersama wakil ketua DPRD Sulbar (Abd. Rahim) dan Pj Gubernur Zudan saat penetapatan Ranperda jadi Perda. (hms)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat dan DPRD Sulbar sepakati dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) terkait lingkungan hidup. Acara tersebut berlangsung di ruang paripurna DPRD Sulbar pada Rabu, 24 Januari 2024.

Dua Ranperda yang telah ditetapkan melibatkan rencana perlindungan dan pengendalian lingkungan hidup Sulbar untuk periode 2023-2053, serta tentang penyelenggaraan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat.

Zudan Arif Fakrulloh menegaskan bahwa penetapan Perda ini menjadi langkah krusial dalam penanganan berbagai isu lingkungan hidup di Sulbar, selaras dengan ketentuan Undang-undang nomor 32 tahun 2009. Ia menyampaikan bahwa daerah-daerah lain di Indonesia, seperti Sumbar, Kaltim, Lampung, dan Kaltara, sudah lama memiliki Perda serupa.

Sebagai Sestama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Zudan menjelaskan bahwa Perda terkait lingkungan hidup ini menjadi fondasi untuk mengatasi sejumlah permasalahan, termasuk mitigasi bencana alam. Dia mendorong Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk bersiap mengimplementasikan Perda tersebut.

Sementara itu, anggota DPRD Sulbar Firman Argo menyambut baik penetapan Ranperda ini. Menurutnya, Perda terkait penyelenggaraan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat sangat dibutuhkan, sehingga terbangun rasa saling membantu membangun masyarakat yang tertib dan menjaga budaya saling melindungi.

“Kita perlu bersama-sama mempersiapkan diri untuk mengimplementasikan dua Perda ini,” ucapnya.

(adv/ed:Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here