Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Mamuju Tengah, Arsal Aras saat menerima bendera pataka dari Ketua Pengurus DMI Wilayah Sulawesi Barat, HM Muh Ali Baal Masdar, di Pendopo Rujab Ketua DPRD Mamuju Tengah, Rabu (30/03). (Dok. Ist)
banner 728x90

Mateng, Katinting.com – Dihadiri dan dikukuhkan oleh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wilayah Sulawesi Barat, yang juga Gubernur Sulbar, HM Ali Baal Masdar, pengurus DMI Mamuju Tengah, secara resmi terbentuk di Mamuju Tengah.

Kegiatan pengukuhan yang berlansung di pendopo Rumah Jabatan Ketua DPRD Mamuju Tengah, di hadiri oleh Wakil Bupati Mamuju Tengah, H Muh Amin Jasa beserta sejumlah Kepala OPD se-Mamuju Tengah, perwakilan TNI dan Polri, beserta sejumlah Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, pada Rabu (30/03).

Ketua DMI Mamuju Tengah, Arsal Aras, menyampaikan bahwa pihaknya memastikan akan bersinergi dengan pemerintah daerah Kabupaten Mamuju Tengah, dalam rangka mengelola masjid di Mamuju Tengah, sesuai dengan harapa keumatan di Mamuju Tengah.

“Kehadiran DMI di Mateng akan bersinergi dengan pemerintah daerah, bagaimana mengurusi masalah masjid-masjid yang ada di wilayah kita mateng ini” ujar Arsal.

Ia mencontohkan yang baru baru hangat di kalangan umat, terkait dengan pengaturan pengeras masjid, tentu ini akan menjadi ranah DMI dalam membangun kesadaran dan mengedukasi masyarakat dalam memahami kebijakan pengaturan alat pengeras suara pada masjid.

“di pengurus DMI Mamuju Tengah, tentu kita akan memperbaiki pemahaman atau memberi edukasi kepada masyarakat kita yang ada di Mamuju Tengah, ini bertujuan agar tidak saling mengganggu” beber Arsal.

Sementara itu pesan Ketua Pengurus Wilayah DMI Sulawesi Barat, HM Ali Baal Masdar, menyampaikan harapan besarnya kepada pengurus DMI Mamuju Tengah periode 2022-2027, agar tetap mengjaga soliditas organisasi.

“Saya tekankan kiranya pengurus DMI Mamuju Tengah tetap mengjaga soliditas organisasi, agar kebersamaan para pengurus DMI Mamuju Tengah, tetap terlihat kompak dalam menyelesaikan persoalan keumatan di rumah ibadah” harap Ali Baal.

Katanya, pembentukan DMI sebagai wadah pemersatu umat Islam. Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah tapi juga sebagai pusat informasi Pemerintah dan pengembangan ekonomi. pengurus berkewajiban untuk memakmurkan masjid.

“Karenanya saya percaya, dengan semangat yang dimiliki oleh Ketua DMI Mamuju Tengah saat ini, tentunya akan dapat membawa DMI Mamuju Tengah jauh lebih baik lagi kedepannya” kata Ali Baal.

Terpisah Wakil Bupati Mamuju Tengah, H Muh Amin Jasa, dalam sambutannya, menuturkan, memberikan apresiasi kepada para pengurus DMI Mamuju Tengah, yang baru saja di kukuhkan, sebab senafas dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Tengah, yaituh Maju Sejahtera dalam Bingkai Lalla Tassisara, dengan misi Persatuan dan Kesatuan Masyarakat.

“Olehnya, pemerintah daerah menitip pesan, kiranya DMI Mamuju Tengah, senantiasan menjaga dan melakukan pendidikan kepada seluruh ummat melalui dakwah dalam rangka meningkatkan karakter dan moral terutama pada generasi muda Mamuju Tengah” tutur Amin.

Pemerintah daerah Mamuju Tengah, berharap kiranya, DMI menjadikan masjid sebagai pusat pendidikan khususnya pendidikan Al Quran, melalui DMI Mamuju Tengah, kita berharap masyatakat Mamuju Tengah, mampu menggerakan dan mengaktivkan semangat mencintai masjid dan mencintai Al Quran.

“Melalui DMI kita berharap generasi masjid kita aktifkan kembali, remaja masjid kita berikan latihan kepemimpinan dan manajemen pengelolaan masjid, pada seluruh pengurus agar senantiasa melakukan edukasi kepada ummat terkait dengan radikalisme, serta persoalan-persoalan yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa” tutup Amin.

(Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here