Siswa yang membersihkan sekolahnya
SDN Kalibamba
banner 728x90

Matra, Katinting.com – Diguyur hujan deras sejak dua hari terakhir bangunan SDN Kalibamba yang terletak di Dusun Hikma, Desa Polewali, Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara (Matra) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) terendam banjir hingga mencapai ketinggian 70 Cm akibatnya siswa terpaksa diliburkan.

Selain merendam ruangan kelas, halaman sekolah dan sejumlah buku yang biasa di gunakan guru juga ikut terendam banjir, akibatnya proses belajar mengajar di SDN Kalibamba terhenti karena sejumlah siswa sibuk membersihkan ruangan kelas terendam banjir.

Buruknya sistem drainase dan meluapnya sungai Hikma membuat sekolah dan puluhan rumah lainnya juga ikut terendam banjir, bahkan lahan perkebunan warga yang berada di wilayah tersebut juga terendam banjir sehingga warga yang mayoritas petani di wilayah tersebut mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Rudi dan sejumlah murid lainnya pun tak bisa lagi mengenyam pendidikan karena diliburkan. “Kami diliburkan Pak karena ruang kelas tidak bisa digunakan karena dimasuki air banjir.,” ucapnya.

Jumardin, Guru SDN Kalibamba mengatakan, banjir terjadi sudah dua hari sehingga siswa terpaksa diliburkan, walau hujan dan banjir siswa tetap datang ke sekolah namun itu hanya untuk membersihkan kelas dari lumpur yang masuk kedalam ruang kelas.

Walau sering terendam banjir setiap musim penghujan tiba hingga kini belum ada upaya dari Dinas terkait untuk menanggulangi banjir di SDN Kalibamba. (Joni)

Bagikan
Deskripsi gambar...