oleh

Demo di DPRD Sulbar Pertahankan Bala-balakang dari Klaim Kaltim, Penuhi Tuntutan Warga

banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Aliansi masyarakat peduli Bala-balakang melanjutkan aksi di DPRD Sulbar diterima Dr. Marigun Rasyid dan Dr. Mulyadi Bintaha, Kepala Kesbangpol Sulbar H. Herdin Ismail, ditemani Wakil ketua DPRD Mamuju H. Syamsuddin Hatta dan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Hj. Hatma.

BACA : Pertahankan Bala-balakang, Aliansi Peduli Masyarakat Tuntut Kesejahteraan

Massa aksi diterima di ruang paripurna DPRD Sulbar, Senin (21/02). Nasmuddin tokoh masyarakat Bala-balakang menyampaikan kami menginginkan kasih sayang dari pemerintah, pertahankan kami jika layak bisa dipertahankan untuk disejahterakan.

“Kami disana mayoritas orang Sulawesi kalau ada yang lain itu cuman sedikit, kami keturunan PUS disana,” ucap Nasmuddin.

Tolong sampaikan ke Pak Jokowi Presiden Indonesia, awasi itu yang melegitimasi Pulau Bala-balakang, imbuhnya.

Warga Bala-balakang, Wahab mengatakan mempertahankan atau mengikhlaskan. Karena sudah banyak keluhan tapi selalu janji yang kami dapatkan. Kami tau anggaran tidak cukup mengakomodir semua tuntutan warga Bala-balakang tapi itu bisa dicicil, ucapnya.

Kami minta perhatian, selamatkan Pulau Bala-balakang, apa yang diberikan pemerintah kepada Bala-balakang? Apakah ditetapkan jadi destinasi wisata atau tidak? Apa perhatiannya soal pendidikan, soal abrasi yang sudah lama terjadi.

Mulyadi Bintaha menegaskan akan mempertahankan Pulau Bala-balakang sampai titik darah penghabisan. Itu harga mati, kami tidak berdiam diri.

“Soal kesejahteraan tidak ada kata lain selain akan kita perhatikan. Tidak hanya Bala-balakang tapi daerah lain yang terancam abrasi. Kita dorong menjadi prioritas dengan menggunakan batu gajah. Soal bidang kesehatan tidak ada pilihan lain, khusus Pemkab Mamuju menugaskan tenaga medis, juga tenaga pendidikan,” ujarnya.

Mewakili Pemprov Sulbar, Herdin Ismail mengatakan, memang butuh aksi nyata soal Bala-balakang. Sehingga Pemkab (Mamuju) dan Pemprov butuh merumuskan sekarang, apa yang menjadi kebutuhan utama warga Pulau Bala-balakang, jika kebutuhan tanggul maka kapan akan itu bisa dilaksanakan. Singkatnya.

Syamsuddin Hatta menambahkan, kita dorong musrembang di Bala-balakang sehingga fokusnya bisa diketahui langsung apa yang menjadi kebutuhan disana.

“Kita akan bentuk tim melibatkan semua unsur bagaimana ada Perda khusus Bala-balakang. Sehingga mampu ditata dengan baik,” Imbuhnya.

Ia menambahkan, meminta DPRD Sulbar agar secara langsung menginisiasi, dapat memfasilitasi kami, khususnya aliansi bisa audiens dengan gubernur membahas terkait masalah ini.

Marigun menambahkan, mempertahankan Bala-balakang dari caplokan Kalimantan Timur (Kaltim). Dan tetap memenuhi kebutuhan warga disana.

Pada kesempatan ini, Wakil ketua DPRD Mamuju H. Syamsuddin Hatta menyerahkan bahan penguatan ke DPRD Sulbar terkait kepemilikan Bala-balakang.

Syamsuddin Hatta menyerah dokumen ke Marigun Rasyid. (Dok. Anhar)

(ADV/Anhar)

Bagikan

Komentar