Gambar atas adalah potongan gambar dari vidio yang menyesatkan, gambar bawah adalah potongan gambar dari vidio milik KBN Nusantara, yang menjelaskan sumber vidio menyesatkan. (dok CekFakta Katinting)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Sebuah vidio dengan durasi panjang 02:53 menit, beredar luas di sejumlah gadget masyarakat Mamuju, Sulawesi Barat, sejak malam tadi, Senin (26/02).

Vidio tersebut berisi klaim ajaran yang memperbolehkan bertukar pasangan diikuti oleh caption “MUNCUL AJARAN BARU YG MENYESATKAN MEMPERBOLEHKAN BERZINA DAN BERTUKAR PASANGAN. ..MF. UNTUK LOKASI KURANG JELAS. MOHON UNTUK PARA SANTRI. UST.KYAI. AJENGAN SERTA UMAT UNTUK SEGERA MENINDAK LANJUTIN KEBERADAAN AJARAN TESEBUT.. BAKAR !!”

Dalam vidio tersebut, terlihat suasana pengajian di suatu tempat, di hadiri oleh sejumlah pria, dan tampak satu orang pria setengah baya, di duga pimpinan dari kelompok tersebut, dengan tampilan seperti seorang kyai, kemudian satu orang dengan hijab berwarna hitam di duga seorang perempuan, pria lainnya, adalah beberapa orang anak muda di duga anggota dari kelompok pengajian tersebut.

Bahkan dari pria paruh baya, terlontar ucapan yang berisi kenyamanan gabung ke pengajiannya, “Kaya suami istri pergaulannya disini dibebaskan bisa ada tukar pasangan pun boleh yang penting suka sama suka, kebebasan disini pun begitu,” ujar pria paruh baya tersebut.

Vidio tersebut diteruskan berulang dari satu pengguna gadget ke pengguna gadget lainnya khususnya di aplikasi perpesanan WhatsUpa atau WA, dan menimbulkan keresahan di kalangan pengguna gadget di Mamuju, Sulawesi Barat.

Tim CekFakta www.katinting.com melakukan pencarian di berbagai sumber terbuka di internet, dan menemukan sejumlah media online telah memberitakan kejadian dalam vidio tersebut, sejak 4 jam sebelum tim CekFakta laman ini, melakukan penelusuran, diantara media online yang memberitakan, berikut linknya.
https://www.detiksumsel.com/viral/97411980088/viral-muncul-aliran-baru-yang-perbolehkan-saling-tukar-pasangan-kyai-jamin-dunia-dan-akhirat
https://berita.murianews.com/cholis-anwar/409795/viral-diduga-aliran-sesat-membolehkan-jemaahnya-tukar-pasangan
https://www.suara.com/news/2024/02/26/152027/heboh-aliran-pengajian-dinarasikan-bolehkan-jemaahnya-tukar-pasangan-dijamin-masuk-surga
https://www.viva.co.id/trending/1691048-viral-aliran-sesat-bolehkan-jemaah-tukar-pasangan-begini-respons-ahmad-sahoni

Namun dari sejumlah media online yang telah memberitakan vidio tersebut, tapi tidak menyebutkan sumber asli vidio tersebut berupa tempat kejadian peristiwa.

Karenanya tim CekFakta laman ini, melakukan pencarian mendalam dengan menggunakan sumber internet yakni youtube.com, dan tim CekFakta menemukan sebuah vidio yang baru diunggah yang memberikan penjelasan gamblang bahwa vidio dengan klaim bisa bertukar pasangan bahwa vidio tersebut memang menyesatkan, sebab pembuat vidio yang di sebutkannya adalah seorang youtuber bernama Samsuddin dengan nama kanal youtube Mbah Den (Sariden), yang memang sering membuat kehebohan demi konten.

Adapun pengungkap vidio menyesatkan tersebut adalah juga seorang youtuber dengan nama kanal KBN Nusantara dan berikut link youtube yang mengungkap sumber vidio menyesatkan bisa bertukar pasangan : https://youtu.be/zPjaRd9Mjqc?si=m6nxUe-BHndbJlGF.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran tim CekFakta www.katinting.com, dapat disimpulkan bahwa vidio yang telah diteruskan berulang di pengguna WA di Mamuju, Sulbar adalah menyesatkan, sebab pembuat vidio yang diungkap pemilk kanal youtube KBN Nusantara, tidak mencantumkan deskripsi vidio yang lengkap, bahwa vidio tersebut hanya konten belaka.

Olehnya kepada para pembaca, kami harapkan, saring dulu sebelum share sebuah vidio, agar tak terpapar info yang menyesatkan. (CekFakta/Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here