Potongan gambar pidato Prabowo, pasca Pilpres 2024 lalu. (dok Katinting.com)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Beredar sebuah vidio pendek dengan durasi 1:42 di tiga group besar WhatsUp ternama di Sulbar, Group WA Nusantara Bersatu, Info Viral Terbaru dan Orang Sulbar.

Vidio berisi klaim Prabowo akui kecurangan pemilu 2024, disebar oleh orang yang sama, anggota dari ketiga group tersebut, dengan nomor WA +62 813-4237-2XXX, dan vidio tersebut di sertai narasi “Akhirnyaaaa….Prabowo Mengakui Kecurangan Pemilu 2024 dan dia pun sadar bahwa dirinya tak lama lagi hidup untuk apa jabatan katanya … “

Di dalam vidio itu, tampak Prabowo menyampaikan “Dalam pemilihan presiden yang baru lalu ternyata kita temukan kecurangan-kecurangan yang terlalu banyak, kecurangan-kecurangan yang terlalu masif, yang terlalu sistematis.
Kita juga mengalami bahwa penyelenggara pemilu tidak adil, memihak salah satu kontestan. Protes-protes kami, imbauan-imbauan kami sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 tidak pernah dihiraukan. Rekomendasi-rekomendasi Bawaslu di beberapa tempat tidak pernah diindahkan. Saudara-saudara sekalian tim hukum kami dan tim data kami telah menemukan suatu indikasi kecurangan yang cukup besar. Karena itu dengan sangat sedih dan sangat menyesal kami mengatakan bahwa Pemilu ini sesungguhnya gagal. Bahwa Pemilu ini tidak sah. Bahwa Pemilu presiden ini adalah melanggar kaidah-kaidah demokrasi. Bahwa apabila kita merestui keputusan ini berarti kita merestui sebuah kecurangan, kita merestui sebuah kebohongan, kita merestui sebuah ketidakbenaran”

Kemudian tim CekFakta www.katinting.com, melakukan penelusuran dengan terlebih dahulu melakukan screen shoot pada vidio tersebut, kemudian hasil screen shoot digunakan pada google lens, dan hasilnya, tim CekFakta dibawah ke tampilan halaman youtube.com milik Berita Satu dengan judul “Pidato Prabowo di Youtube Soal Pilpres 2014” dengan durasi panjang 1:57. Kemudian tim memutar vidio indentik yang ditemukan, dan hasilnya, semua pernyataan Prabowo pada vidio yang beredar tersebut, identik dengan vidio yang kami tim temukan, beredar di group WA.

Kesimpulan :

Berdasarkan hasil penelusuran tim CekFakta www.katinting.com, maka dapat disimpulkan KELIRU jika klaim penyebaran Vidio tersebut terkait dengan Pemilu 2024, sebab vidio tersebut merupakan Vidio pidato Prabowo Subianto pada pasca Pilpres 2014 lalu, atau kurang lebih 10 tahun lalu. Buka : https://youtu.be/mJQ4ibJIwf0?si=uLDqUc6gZM3maCaJ

Untuk itu, tim CekFakta berharap kepada anggota group WA, kiranya dapat melakukan pencarian kebenaran sumber sumber Vidio sebelum share. (CekFakta/Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here