Screenshoot narasi yang beredar terkait KPU RI tunda penetapan Prabowo - Gibran. (dok Fhatur Anjasmara)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Sejak pukul 15.00 WITA, Sabtu (27/04) beredar pesan berantai di sejumlah group perpesanan WhatsApp di Sulawesi Barat, khususnya Mamuju, yang berisi narasi, KPU Tunda Penetapan Pasangan Terpilih Prabowo – Gibran.

“DARI SEBUAH VIDIO SINGKAT DIKELUARKAN OLEH KPU RI, PENETAPAN TERHADAP PASANGAN TERPILIH DI PILPRES 2024, YAKNI PASANGAN PRABOWO SUBIANTO DENGAN GIBRAN RAKABUMING RAKA, DITUNDA PENETAPANNYA, SEBAGAI PRESIDEN RI DAN WAKIL PRESIDEN RI, TENTU INI KEBAHAGIAN KITA BERSAMA, YANG MENDUKUNG ARUS PERUBAHAN DI INDONESIA, SEBARKAN NARASI INI, VIRALKAN, AGAR SEMUA TAHU” tulis penyebar narasi tersebut.

Untuk itu tim CekFakta www.katinting.com segera melakukan penelusuran sumber informasi berisi narasi klaim penundaan penetapan Capres Cawapres terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden.

Tim CekFakta laman ini menggunakan sumber sumber terbuka di internet, dan hasil dari penelusuran tersebut, tim CekFakta menemukan informasi identik, terkait penundaan. Rupanya narasi tersebut diambil dari sebuah vidio yang juga menggunakan judul “KPU TUNDA PENETAPAN PRABOWO GIBRAN”, yang menjelaskan langkah hukum oleh Cawapres urut 02, yang mengajukan gugatan lewat PTUN, berikut link Youtube : https://youtu.be/hnGb51UMUIs?si=60TcMFnPuA-jeRqp

Bahkan pukul 19:00 malam ini, juga Kompas.com melalui tim CekFaktanya, sudah merilis, bahwa tidak benar informasi terkait, penundaan penetapan Prabowo – Gibran, sebagaimana link berikut : https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/04/27/192411882/hoaks-kpu-tunda-penetapan-prabowo-gibran-sebagai-presiden-wapres

Kesimpulan :
Berdasarkan fakta di atas, sehingga tim CekFakta www.katinting.com berkesimpulan bahwa narasi yang beredar di sejumlah group WA orang Sulawesi Barat, adalah informasi keliru dan tidak benar.

Untuk itu kepada para pembaca, tim #cekfakta.com berharap sebelum share informasi terlebih dahulu melakukan saring informasi, agar terhindar dari paparan informasi berisi hoax. (CekFakta/FhaturAnjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here