Peluncuran buku berjudul Jejak Langkah dan Pemikiran Bupati di Sulawesi Barat (1960-2023) karya Sarman Sahuding di water park D'Maleo Hotel, Mamuju.
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Sarman Sahuding akhirnya meluncurkan buku “Jejak Langkah dan Pemikiran Bupati di Sulawesi Barat (1960-2023)” setelah belasan tahun berjuang merekam dan mencatat data terkait 41 tokoh bupati di enam kabupaten Sulawesi Barat. Peluncuran buku ini berlangsung pada Selasa, 28 Mei 2024, di water park D’Maleo Hotel, Mamuju.

Buku ini diterbitkan oleh penerbit Kompas dan menjadi catatan sejarah yang sangat berharga bagi masyarakat Sulawesi Barat. Sarman Sahuding mengungkapkan bahwa penulisan buku ini dimulai sejak 2005 dan melibatkan banyak pihak dalam pengumpulan data dan penyusunan naskah.

“Awalnya, saya bekerja sama dengan almarhum Tashan Burhanuddin dan almarhumah Puspawati Lazim. Jasa mereka sangat besar dalam pengumpulan data puluhan mantan bupati,” kata Sarman Sahuding.

Dalam proses penulisan yang berlangsung selama bertahun-tahun, banyak pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung, turut berkontribusi. Sarman mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada semua pihak yang telah membantu, khususnya para guru besar dan tokoh yang telah menyumbangkan gagasan informatif.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Paulus Tri Agung Kristanto, turut hadir dan memberikan sambutan. Menurut Paulus, buku ini tidak hanya sekadar kumpulan narasi sejarah, tetapi juga merupakan upaya untuk mendokumentasikan perjalanan panjang para bupati yang pernah memimpin Sulawesi Barat.

“Buku ini mengajak kita mengenang dan memahami berbagai dinamika yang terjadi selama lebih dari enam dekade terakhir. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari buku ini,” ujarnya.

Paulus juga menekankan pentingnya mencatat sejarah untuk memastikan generasi mendatang tidak kehilangan jejak penting dari masa lalu. Buku ini, menurutnya, menggambarkan semangat perjuangan para pahlawan yang diteruskan oleh para pemimpin daerah.

Selain itu, buku ini juga memuat sejarah pembentukan Provinsi Sulawesi Barat dan kabupaten-kabupaten di dalamnya, serta catatan dari 31 tokoh dari berbagai kalangan. Buku ini memberikan sajian lengkap tentang Sulawesi Barat.

“Kami sangat berterima kasih kepada Sarman Sahuding yang telah mencurahkan waktu dan tenaga untuk menulis buku ini, serta kepada semua pihak yang mendukungnya. Semoga buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan pelajaran bagi kita semua,” kata Paulus Tri Agung Kristanto.

(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

48 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here