Foto bersama para peserta FGD yang diselenggarakan Dinas Transmigrasi Sulbar, di Chitol Hill, Desa Tondok Bakaru, Mamasa.
banner 728x90

Mamasa, Katinting.com – Dinas Transmigrasi Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Desa Wisata Tondok Bakaru di Villa Citol Hill Mamasa.

FGD Pembangunan Transmigrasi yang dirangkaikan dengan Outboun ini diselenggarakan selama dua hari, 6-7 Januari 2023.

Mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Berbasis Pentahelix” kegiatan ini digelar dengan metode pelaksanaan ceramah dan tanya jawab.

Adapun peserta yang ikut FGD itu adalah, pegawai dinas Transmigrasi Provinsi dan pegawai Transmigrasi Kabupaten Mamasa sebanyak 50 Orang Peserta yang terdiri dari, 40 Orang dari dinas Transmigrasi Provinsi Sulbar dan 9 orang dari dinas Transmigrasi Kabupaten Mamasa dan 1 orang dari pendamping Transmigrasi.

FGD yang diselenggarakan Dinas Transmigrasi Sulbar di Villa Chitol Hill, Desa Tondok Bakaru, Mamasa.

Pada kegiatan FGD itu, membahas mengenai mengatasi permasalahan yang dihadapi maka upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah khususnya Dinas Transmigrasi Sulbar dengan melakukan Kolaborasi Stakeholder diberbagai lintas sektor.

Dengan demikian pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi dapat ditingkatkan dan ditangani secara bersama sama dari berbagai lintas sektor.

Diperlukan adanya penanganan yang komprehensif dan terintegrasi dengan Fokus pada kebutuhan warga berbasis data detail dilapangan. Sehingga proses penangan dan perencanaan penganggaran pembangunan kawasan transmigrasi dapat di atasi secara dini dan terencana.

Selain itu, juga diperlukan juga penekanan tentang “No One Left Behind”. dimana pada prinsipnya Pembangunan harus bersifat Inklusif tanpa satu orang pun yang tertinggal dalam antivitas pembangunan.

Dengan demikian maka diperlukan juga perhatian Pemerintah provinsi sulawesi Barat dalam mendukung program kawasan transmigrasi sebagai unsur lokalitas desa.

Sehingga kebijakan ini mengarahkan semua aktivitas pembangunan menjadi bagian dari upaya terpadu percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelnajutan (Sustainable Development Goals) berbasis Desa.

(Advertorial)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here