Potongan gambar kantor Bawaslu terbakar, yang diklaim dibakar karena kecurangan Pilpres. (dok CekFakta Katinting.com)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Beredar sebuah vidio pendek dari perpesanan WhatsUp, berisi klaim, Kantor Bawaslu Dibakar karena kecurangan Pilpres. Vidio dengan durasi panjang 24 detik tersebut, terlihat di ambil dari Platform Tiktok dengan nama akun @riduani.m.yusuf namun beredar luas di perpesanan WA.

Caption yang disematkan pada vidio itu, “ALLAHUAKBAR 100X, Gedung Bawaslu dibakar, Mobil plat merah di bakar, Diskualifikasi Pragib” dan CekFakta melakukan pengecekan halaman akun di tiktok, ditemukan vidio yang sama, dengan like 782 ribu, komentar 12,8 ribu, dan di bagikan sebanyak 10,2 ribu dan favorite 7476 sebagai tersimpan, namun pengunggah vidio tidak menyertakan lokasi dan waktu kejadian kebakaran.

Tim CekFakta www.katinting.com melakukan penelusuran pada sumber sumber terbuka di internet, mulai Youtube hingga google search, tim menemukan vidio identik atas peristiwa tersebut. Dari laman Youtube TVoneNews tayang 7 bulan lalu, berikut linknya : https://youtu.be/SZOHf5-dPx8?si=QhdzOcVvlefwWBFN, adalah kebakaran kantor Bawaslu Palangkaraya, Kalteng. Sementara dari sumber lain juga tim CekFakta menemukan pengkabaran peristiwa yang sama, dari halaman https://www.kompas.id/baca/nusantara/2023/07/20/kantor-bawaslu-terbakar-warga-dengar-ledakan-dan-lihat-kendaraan-sebelum-kejadian,

Bagikan