Bupati Mamuju saat melantik hakim dan panitra STQ pada tingkat Kabupaten Mamuju
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Setiap dua tahun sekali Pemkab Mamuju, menyelenggarakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ), dilaksanakan sebagai agenda tetap LPTQ secara Nasional, yang berjenjang mulai tingkat Kabupaten, Provinsi sampai pada tingkat nasional.

Meski STQ ini tidak sebanyak lomba pada MTQ, tapi STQ ini juga menjadi media syiar dan dakwah untuk membumikan Al-Quran, disamping itu juga sebagai salah satu cara untuk mengukur dan menakar kemajuan dalam pembinaan umat, khusus pengetahuan dan pemahaman baca tulis Al-Quan bagi seluruh umat islam di Kabupaten Mamuju.

Kegiatan ini berlokasi di rumah adat Mamuju, mulai dari 13 sampai 17 Maret  2017, adapun jumlah  peserta yang mengikuti lomba STQ ini sebanyak 67 orang, utusan dari Kecamatan Tapalang Barat sebanyak 6 orang, Kecamatan Tapalang sebanyak  6 orang, Kecamatan Mamuju sebanyak 10 orang, Kecamatan Kalukku sebanyak 7 orang, Kecamatan Papalang sebanyak 5 orang, Kecamatan Sampaga sebanyak 5 orang, Kecamatan Kalumpang sebanyak 5 orang, Kecamatan Tommo sebanyak 9 orang, Kecamatan Simboro sebanyak 5 orang, Kecamatan Bonehau sebanyak 2 orang dan Kecamatan Balabalakang sebanyak 4 orang.

Cabang yang akan di perlombakan yaitu, cabang tilawa Al-Quran meliputi dewasa dan anak-anak masing-masing putra dan putri, cabang Hipsil Al-Quran diikuti putra dan putri meliputi Hipsil 1 juz, 5 juz, 10 juz, hipsil 20 juz dan hipsil 30 juz, cabang tafsir Al-Quran diikuti putra dan putri, dan tambahan yaitu perlombaan kasidah rabana, Serta dewan hakim yang bertugas dalam kegiatan ini sebanyak 12 orang, dan 8 panitra.

Bupati Mamuju H. Habsi Wahid dalam sambutannya mengatakan, agar Al-Quran tetap menjadi Qiyadah (pedoman dan panduan) kehidupan ummat dalam bermasyarakat.

“Agar kehidupan sesama berjalan dalam koridor keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat, kebutuhan jasmani dan rohani, serta mental dan spritual, hendaknya kita tetap menjadikan Al-Quran sebagai Qiyadah dalam kehidupan ini”. Ungkap Habsi.

Ia juga mengatakan awal Pemerintahannya bersama H. Irwan SP Pababari selaku wakil Bupati Mamuju, telah mencanangkan Taman Pengajian Al-Quran (TPA) percontohan.

“Beberapa Desa dan Lurah telah membangun fasilitas TPA sebagai percontohan untuk menjadi pusat pendidikan Al-Quran dengan target 50 santri dan santriwati   dapat ditamatkan setiap tahunnya yang mahir baca tulis Al-Quran dan itu sudah mulai berjalan, dan saya bersama Wakil Bupati telah melakukan lounching perdana TPA di Kecamatan Tommo pada bulan Januari kemarin”. Terang Habsi.

Ia juga berharap semoga ini bisa menjadi awal yang baik untuk program ini, dan bagi Desa/Lurah yang sampai saat ini belum melakukan aktifitas dan belum menyediakan sarana dan fasilitas TPA percontohan agar segera menjalankannya. Jelasnya.

Perlu diketahui bersama bahwa Bupati Mamuju H. Habsi Wahid, bersama H. Irwan SP Pababari selaku wakil Bupati Mamuju, di dampingi Ketua DPRD Kabupaten Mamuju Hj. St. Suraidah Suhardi telah melakukan pemukulan beduk sebagai tanda dimulainya STQ. (Hms)

Bupati, wakil Bupati, ketua DPRD, ketua tim penggerak PKK wakil ketua tim penggerak PKK Kabupaten Mamuju saat menghadiri pembukaan STQ tingkat kabupaten di rumah adat Mamuju
Bagikan
Deskripsi gambar...