Dr. H Suhardi Duka sambutan saat acara pelatihan perawatan motor bensindi Desa Karampuang, Mamuju. (dok.Anhar)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Hari kedua pelatihan perawatan motor bensin guna mendukung kemajuan kampung nelayan angkatan 1, 2, 3, dan 4, berlangsung di Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Minggu, 28 Januari 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Komisi IV DPR RI, Dr. H. Suhardi Duka, serta perwakilan dari Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Bitung, yaitu Kader Lentang. Turut hadir juga Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Barat, Hj. St. Suraidah Suhardi, anggota DPRD Mamuju Febrianto Wijaya, Pemerintah Desa Karampuang, dan sekitar 400 warga Karampuang sebagai peserta.

BACA JUGA: SDK Mendorong Kemajuan Kampung Nelayan di Desa Karampuang

Suhardi Duka (SDK) menjelaskan bahwa sektor perikanan memiliki peran besar, dan hampir semua kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi dari hasil laut. Namun, meskipun demikian, belum semua nelayan dapat menikmati kesejahteraan dari hasil laut tersebut. Menurutnya, banyak hasil laut yang diambil oleh pihak asing karena mereka menggunakan metode penangkapan yang lebih modern. Oleh karena itu, diperlukan cara pandang yang lebih maju untuk memperoleh hasil laut yang maksimal.

SDK menekankan pentingnya pelatihan ini dalam perbaikan motor bensin, dengan harapan dapat mengurangi biaya produksi. Hal ini akan memberikan manfaat bagi para nelayan, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan banyak biaya jika terjadi kerusakan mesin.

“Kadang karena lelah, tidak sempat lagi memperhatikan kondisi mesin setelah digunakan. Padahal, secara berkala, seharusnya diperiksa kondisi mesinnya untuk meminimalisir pengeluaran terkait operasional penangkapan ikan,” kata SDK.

SDK juga mengingatkan, kerusakan kecil dibiarkan, akan semakin membesar dan pada akhirnya membutuhkan biaya perbaikan yang lebih besar. “Melalui pelatihan ini, diharapkan para nelayan kita dapat memiliki keterampilan untuk memperbaiki mesin sendiri sebagai upaya menjaga aset dan meminimalkan pengeluaran, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan ekonomi, demi kesejahteraan keluarga mereka”.

BACA JUGA: Pelatihan Perawatan Mesin Kapal, Suraidah: Wujud Perhatian Terhadap Kemajuan Nelayan

Mewakili Sekretaris Desa Karampuang, kami menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini bagi warga Desa Karampuang, “Semoga ada manfaatnya bagi masyarakat Karampuang, khususnya warga Ujungbulo, Desa Karampuang,” ucapnya.

Kepala BPPP Bitung, Kader Lentang, menyampaikan, kehadiran mereka bukan untuk menggurui masyarakat terkait perawatan motor bensin, melainkan sebagai ajang saling berbagi pengetahuan, semoga bermanfaat bagi semua peserta.

 

Foto bersama Hj. St. Suraidah dan Suhardi Duka bersama dengan peserta pelatihan di Pulau Karampuang. (dok. Anhar)

(Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here