Tari Sayo tampil dalam rangka HUT Polman Ke-63. (ist)
banner 728x90

Polman, Katinting.com – Sanggar seni Prasbhara Manakarra tampil memukau para tamu dan penonton kegiatan Festival Banua Maraya dalam rangka HUT Kabupaten Polman ke 63. Jumat malam, 30 Desember 2022.

Kegiatan yang berlangsung di sport center Kabupaten Polewali Mandar, sanggar Prasbhara menampilkan tari sayo Kalumpang lengkap dengan pakaian adat Kalumpang, Kabupaten Mamuju.

Andi Nurdelisa selaku penata tari, mengatakan, Sanggar seni Prasbhara Manakarra adalah satu-satunya perwakilan sanggar dari Kabupaten Mamuju yang tampil di festival banua maraya 2022, dalam rangka memperingati HUT Polman ke 63, di tahun 2022.

“Kami tampilkan tari Sayo Kalumpang untuk mengenalkan budaya suku Kalumpang yang ada di Mamuju agar lebih dikenal,” ucapnya.

Tari Sayo Kalumpang biasanya ditampilkan didepan para pejabat-pejabat daerah pada acara tertentu di daerah Sulawesi Barat, ungkapnya.

Penari memakai pakaian adat Kalumpang, sedangkan simbol tanduk kerbau pada bagian kepala yang dikenakan penari mengambarkan kekuatan, keberanian dan kesejahteraan masyarakat Kalumpang, imbuhnya.

Adapun tim pementas terdiri dari 5 pemusik, 5 penari dan 2 crew sanggar Prasbhara Manakarra.

(Rls/F*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here