Foto bersama usai pembukaan Bimtek Manajemen Peternakan Fungsi Pakan dan Kesehatan Ternak di Kelurahan Mamunyu. (dok. Anhar)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Dua ratus lebih warga mengikuti Bimtek Manajemen Peternakan Fungsi Pakan dan Kesehatan Ternak di Kelurahan Mamunyu, Kecamatan Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Sabtu 15 April 2023.

Hadir pada kesempatan ini Anggota DPR RI Komisi IV Suhardi Duka (SDK) dari fraksi Partai Demokrat, Ketua DPRD Sulbar Hj. St. Suraidah Suhardi, Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, Wakil Ketua DPRD Mamuju Syamsuddin Hatta, anggota DPRD Sulbar Firman Argo Waskito dan Kepala Balai UPT Inseminasi Buatan Lembang, Tri Harsi.

Tri Harsi menjelaskan, Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk memproduksi semen beku ternak sapi perah dan sapi potong, dalam rangka memenuhi kebutuhan semen beku untuk Inseminasi Buatan. Melalui keberadaan BIB Lembang, Indonesia telah mampu memenuhi sebagian kebutuhan semen beku sapi secara mandiri.

“Kami berharap Sulbar menjadi salah satu potensi pemasaran produk kami. Juga berharap menjadi potensi penyuplai produk kami ke provinsi lain,” harapnya.

Sementara itu, Suhardi Duka berharap, apa yang dilakukan dapat mengoptimalkan potensi peternakan. Dengan begitu kata SDK, peluang peternakan dimasa mendatang apabila dijalankan secara baik dan senantiasa berinovasi mengadopsi teknologi terbaru akan membuahkan hasil yang maksimal bermuara pada peningkatan taraf ekonomi dan peluang kerja.

“Apa yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia peternak, sehingga peternak dapat lebih baik dalam memelihara ternak sehingga memperoleh hasil yang optimal,” kata SDK.

Bupati Mamuju, Hj. Sitti Sutinah Suhardi menyambut baik program balai di Mamuju melalui aspirasi SDK. Ia berharap bantuan dari itu bukan hanya dari aspirasi pak SDK, tapi ada program yang datang bukan hanya aspirasi, karena memang disini (Kabupaten Mamuju) yang menjadi program unggulan itu bidang pertanian, kelautan, peternakan dan perkebunan.

Sutinah juga menyampaikan terima kasih kepada SDK yang telah menuangkan aspirasinya di Kabupaten Mamuju. “Kita merasa bangga dengan perwakilan kita pak SDK yang sangat peduli, kita tidak salah pilih karena beliau kembali dengan program-programnya. Kolaborasi yang sangat baik tentu sangat membantu pemerintah Kabupaten Mamuju. Kami berharap ini terus dapat dilanjutkan,” ucapnya.

Kesempatan yang sama Suraidah berharap, apa yang akan dilaksanakan itu memberi manfaat untuk masyarakat, dapat meningkatkan pengetahuannya.

“Kita cukup banyak potensi peternakan yang ada di Mamuju, sehingga penting mengetahui cara beternak yang baik. Utamanya dalam hal pengelolaan pakan kita masih kurang, sehingga penting menggali pengetahuan dari balai pada hari ini,” kata Suraidah.

(Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here