Proses evakuasi warga BTN Sigma Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Selasa, (22/1).(Foto : Kompas.com/Abdul Haq)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Anggota DPD RI, Muhammad Asri Anas, menyatakan rasa belasungkawa atas 30 korban jiwa, akibat banjir dan longsor di Sulawesi Selatan.

Kata Asri, kejadian tersebut sangat mengiris hati mengingat bencana ini terjadi tiba-tiba dan merenggut banyak nyawa.

Asri Anas mengharapkan bencana ini menjadi perhatian serius seluruh pemerintah daerah bukan hanya di Sulsel, namun juga pemerintah daerah di Sulbar. Mengingat Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menyatakan salah satu penyebab banjir kali ini ialah pendangkalan dan sungai yang diperparah dengan adanya aktivitas pertambangan yang merusak hutan.

“Saya secara pribadi menyampaikan rasa duka cita yang amat dalam akibat bencana banjir dan longsor yang melanda saudara kita di Sulsel. Ini menjadi perhatian kita semua agar ramah dan menjaga lingkungan,” kata Asri Anas yang juga ketua DPW PAN Sulbar kepada media, Kamis (24/1).

Asri yang mengaku pernah tinggal di Makassar untuk berkuliah dan bekerja  meminta agar warga Sulbar memberikan bantuan atau mendoakan masyarakat yang terkena dampak dari banjir dan longsor. Caleg DPR RI ini juga berharap, bantuan dari pemerintah segera bisa disalurkan kepada para korban mengingat akses transportasi mereka yang sulit.

“Pasti pengungsi akan terisolir akibat banjir ini, sehingga bantuan makanan sangat diperlukan,” kata Asri.

Sebelumnya banir melanda sekitar 10 kabupaten di Sulawesi Selatan, Senin (21/1). Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugro, memperkirakan seribu rumah terendam banjir dengan ketinggian air 50 hingga 150 sentimeter. Selain itu, dua jembatan hanyut yang melumpuhkan akses transportasi. Dilaporkan ribuan hektare sawah tenggelam.

(Rls/ADV)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here