Sutinah saat menyambangi tenda pengungsi dan berkomunikasi dengan warga. (dok. Anhar)
banner 728x90

Mamuju, katinting.com – Bupati Mamuju, Hj. Sitti Sutinah Suhardi di damping Sekda H. Suaib dan Sekertaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mamuju Yuslifar mengunjungi korban kebakaran yang ada di Jl. Soekarno Hatta, Simbuang, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Kebakaran terjadi Kamis malam, 17 Agustus 2023, sekira pukul 23.00 Wita. Terdampak 29 rumah habis terbakar, 30 kepala keluarga, 124 jiwa, dua orang dilarikan kerumah sakit karena luka bakar dan 4 mobil ludes terbakar.

Sutinah hadir berkomunikasi langsung dengan sejumlah korban ditenda pengungsi. Kesempatan ini dia memberikan motivasi dan mendengarkan keluhan warga yang terdampak, serta memastikan Kesehatan dan kebutuhan dasar pengungsi terpenuhi.

Bupati perempuan pertama di Sulbar ini juga menyalurkan sejumlah bantuan, yang dikelolah olah posko yang di dirikan oleh BPBD Kabupaten Mamuju.

Sutinah mengatakan, selain memberikan motivasi, kita juga pastikan kebutuhan dasar mereka terpenuhi.

“Sejak semalam kejadian, BPBD (Mamuju) sudah bergerak untuk membantu warga korban kebakaran, dengan mendirikan tenda-tenda pengungsian. Saya ini juga saya hadir bersama Dinsos untuk memastikan kebutuhan dasar mereka terpenuhi,” ucap Sutinah.

Untuk masa tanggap darurat Sutinah menjelaskan, sesuai dengan ketentuan selama tiga hari, jika dianggap penting akan diperpanjang.

Sedangkan untuk keluhan kebutuhan pengungsi, seperti alas tidur atau Kasur, Sutinah mengungkapkan, akan berupaya dipenuhi. “Saya juga tadi pastikan soal makanan mereka? Alhamdulillah terpenuhi,” ungkapnya.

Sutinah juga menegaskan mereka yang menjadi korban kebakaran itu ditanggung oleh BPJS Kesehatan. “Tadi saya tanyakan pada camat soal korban ini, dan mereka sudah punya BPJS, itu alhamdulillah ditanggung oleh pemerintah,” pungkasnya.

Sutinah juga meminta BPBD dan Dinas Kesehatan khususnya pihak Puskesmas untuk tetap standby memberikan pelayanan.

(ADV)

Sutinah saat meninjau lokasi kebakaran. (dok. Anhar)
Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here