Tagana Dinsos Mamuju Tengah, Dinihari tadi saat berada di lokasi banjir genangan, di Desa Salupangkang IV, Kecamatan Topoyo, Mamuju Tengah. (Dok. Tagana Dinsos Mamuju Tengah)
banner 728x90

 

Mateng, Katinting.com – Tidak kurang dari 8 Kepala Keluarga (KK) atau 32 jiwa warga Desa Salupangkang IV, Rabu (13/07) malam tadi mengungsi kesejumlah kerabatnya yang aman dari terpaan banjir, akibat pemukiman mereka diterjang banjir .

Banjir yang melanda pemukiman di Salupangkang IV, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah, disebabkan intensitas curah hujan yang tinggi melanda wilayah itu, sejak Senin hingga Rabu siang kemarin, sehingga menimbulkan peningkatan debit genangan air, ditambah dengan naiknya permukaan air sungai sekitar, juga kiriman air dari desa tetangga, mengingat Desa Salupangkang IV wilayahnya memang cukup rendah, sehingga air meluber kepemukiman yang kedalamnnya mencapai 120 centimeter disekitar di pemukiman warga.

Dalam penjelasan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Mamuju Tengah, Asmira Djamal, pagi ini Kamis (15/07), berdasarkan hasil laporan dari relawan Tagananya yang ada di lokasi, bahwa akibat banjir genangan tersebut, membuat warga sebanyak 8 KK dengan perhitungan 32 jiwa mengungsi kerumah kerabatnya diluar dari Desa Salupangkang IV.

“Jadi hingga pukul 00.50 jelang dinihari tadi, air masih mencapai perut orang dewasa, atau sekira 120 centimeter, berdasarkan laporan yang kami terima dari anggota Tagana yang bertugas dilapangan, membantu proses evakuasi” terang Asmira.

Olehnya, rencananya pagi ini, pihaknya akan segera menggelar rapat penanganan bantuan awal untuk korban bencana banjir di Salupangkang IV, untuk segere mendistribusikan kebutuhan mendesak bagi korban banjir ini.

“Atau bila berdasarkan asesment dari anggota dilapangan, dimungkinkan membuka dapur umum tidak jauh dari lokasi yang terpapar berat banjir gengangan, maka kami buka dapur umum, tapi semua berdasarkan hasil asesment nanti, sebab dinihari tadi kami juga sudah menggerakan kelokasi tim asesment kami, paling tidak kami sudah menyiapkan kebutuhan awal yakni selimut dan makanan instan untuk kami antar kelokasi pagi ini” tutup Asmira.

(Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here