oleh

Ribuan Peserta Ikuti Jambore Kwarcab Mateng

banner 728x90

Mateng, Katinting.com – Membentuk kepribadian anak dengan cara nonformal salah satunya adalah Pramuka.

Pramuka merupakan suatu ajang untuk mendidik dan melatih kepribadian siswa juga keberanian serta kedisiplinan diri. Guna mewujudkan itu, Pemerintah daerah (Pemda), melalui panitia Jambore tingkat kabupaten melakukan Jambore Cabang (Jamcab) I Kwartir Mamuju tengah (Mateng).

Pergelaran pramuka itu dibuka secara resmi ketua Kwarcab Mateng H. Arsal Aras, di Lapangan Aras Tammauni, Desa Bamba Manurung, Rabu (25/05/22) kemarin.

Jambore yang merupakan kali pertama diadakan di kabupaten julukan Bumi Lalla Tassisara itu disambut riah oleh sekolah-sekolah yang ada di Mateng. Sebanyak 109 sekolah SD dan SMP yang mengikuti jambore ini. 30 SMP sederjat dan 79 SD sederajat. Jumlah keseluruhan peserta Pramuka sebanyak 1962 siswa.

Arsal Aras menuturkan, gerakan pramuka adalah suatu sistim pendidikan nonformal yang membantu pendidikan Formal. Katanya, pramuka ialah wahana penting untuk membentuk watak atau karakter serta kepribadian nasional bagi generasi muda. Karena kegiatan ini tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, serta memupuk jiwa disiplin dan semangat kebersamaan siswa.

Di organisasi gerakan pramuka lanjut dia, siswa dapat belajar berbagai keterampilan yang tidak diperoleh di bangku sekolah, “Disini dapat belajar berkomunikasi dengan berbagai kalangan”, sebut Arsal.

Pada kegiatan tersebut siswa dapat membangun keberanian dan tanggung jawab, disiplin dan terampil serta belajar memimpin yang lain. Apalagi, di era sekarang ini yang penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi, namun manusia tetap meruapakan faktor penentu paling utama.

“Semua harus bangga menjadi anggota pramuka. Kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun bangsa yang memiliki watak kuat”, ungkapnya.

Olehnya, Ketua DPRD Mateng itu berharap, melalui Jambore Cabang I ini para peserta menjadi pramuka yang tangguh, kreatif dan ceriah. “Kami berharap adanya kegaiatan ini dapat membentuk pramuka yang sesuai dengan nilai nilai yang tercantum dalam trisatia dan dasadarma pramuka”, tukasnya.

(Anc/Zul)

Bagikan

Komentar