banner 728x90

Program Marasa, Pasang Internet Gratis di 32 Desa

Kepala Dinas Kominfo Sulbar, Safaruddin. (Dok. Zulkifli)

Mamuju, Katinting.com – Sebanyak 32 Desa yang tersebar di enam Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, tak lama lagi akan menikmati jaringan internet.

Hal tersebut melalui program Mandiri, Cerdas dan Sehat (Marasa) yang dicanangkan oleh Gubernur Sulbar (Ali Baal Masdar) melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Barat.



 

Saat Katinting.com wawancara dengan Kepala Dinas Kominfo Sulbar, Safaruddin, mengatakan, kenapa bekerjasama dengan Icon+, karena merupakan anak perusahaan PLN sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar, khususnya untuk tempat memasang alat yang bisa dikaitkan dengan tiang listrik.

Kata Safaruddin, semua desa yang mendapatkan bantuan tersebut telah siap pakai. Namun untuk memastikan itu, ia akan menurunkan timnya untuk mengecek laporan tersebut.

“Masing-masing Desa sudah berfungsi (internetnya) tinggal untuk memastikan itu besok tim akan turun tes di semua Desa terutama untuk radiusnya apakah sudah sampai 600 sampai 800 frekuensi yang bisa dilewati,” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Senin (11/11).

Baca juga : Berikut 32 Desa di Sulbar akan Menikmati Internet Gratis

Terkait dengan beban biaya untuk menggunakan akses internet tersebut, Safaruddin menuturkan, masyarakat dengan gratis menikmati jaringan internet tersebut.

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini tengah melakukan kajian terkait pembayaran akses internet tersebut karena rencananya akan dimasukkan dalam dana hibah.

“Jadi hibah ini kita rencanakan tahun ini, kita bayarkan sampai 6 bulan kedepan. dan tahun depan tambah 6 bulan lagi. diperkirakan satu tahun secara gratis. Jadi kurang lebih kita bayar di Desa itu sekitar Rp. 1,2 juta perbulan dan itu gratis di masyarakat,” jelasnya.

(Zulkifli/Anhar)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 900x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Program Marasa, Pasang Internet Gratis di 32 Desa"