Pj Gubernur Sulbar Bahtiar saat menghadiri tanam pisang di Pasangkayu. (Hms)
banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Penanaman pisang Cavendish semakin diminati oleh warga Sulawesi Barat, khususnya di Kabupaten Pasangkayu. Masyarakat setempat kini lebih bersemangat menggarap lahan kosong untuk ditanami pisang Cavendish.

Pj Gubernur Sulbar, Bahtiar Baharuddin, turut hadir dalam acara penanaman pisang di Desa Makmur dan Desa Benggaulu, Kecamatan Dapurang, pada Selasa (9/7/2024).

Acara penanaman pisang ini mendapat dukungan dari PT. Citra Aghri Pratama sebagai offtaker dan penyedia bibit.

Sebelum penanaman dilakukan, tim pendamping dari perusahaan ini melakukan survei dan mendampingi warga untuk memastikan bahwa lahan tersebut cocok untuk pisang Cavendish.

“Saya beralih ke penanaman pisang Cavendish karena lahan saya cocok dan ada pendampingan yang memadai,” ujar Mursalim, salah satu pemilik lahan.

Sebelumnya, Mursalim menanam jagung, namun setelah mendengar informasi mengenai budidaya pisang Cavendish dari Pj Bahtiar, ia dan petani lain di Desa Benggaulung mulai beralih menanam pisang Cavendish.

Kepala Desa Makmur, Haeruddin, menyampaikan terima kasih kepada Pj Bahtiar yang hadir mendampingi warganya.

“Kedatangan Pj Gubernur memberi keyakinan dan kepercayaan kepada warga kami,” ujar Haeruddin.

Ia berharap desa-desa dan kecamatan lain juga dapat bersinergi untuk mengembangkan budidaya pisang Cavendish.

Selain di Desa Benggaulu, warga desa lain di Pasangkayu juga antusias menanam pisang, seperti di kampung Tikke. Sebelum mengakhiri kunjungannya di Pasangkayu, Pj Bahtiar juga diundang untuk menanam pisang di Tikke.

Anggota DPRD Sulawesi Barat, Ambo Intang, yang turut menemani Pj Bahtiar, mengapresiasi kepedulian Pj Bahtiar terhadap peningkatan kesejahteraan warga melalui program budidaya pisang Cavendish.

“Alhamdulillah, kunjungan Pak Pj Gubernur di Pasangkayu sukses dan kami berterima kasih,” ujar Ambo Intang, yang terus mengajak warganya untuk menanam pisang Cavendish.

Dengan semakin banyaknya lahan yang disiapkan untuk penanaman pisang Cavendish, diharapkan program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Barat. (*/Ed: Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here