Tampak Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa tengah membersihkan selokan pada peringatan HPSN
banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Dengan tema “Kelola Sampah Kurangi Emisi Bangun Proklim”, pemda Pasangkayu memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di alun-alun Pantai Pasangkayu, Sulawesi Barat, Senin, 21 Februari 2022.

Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa, dalam sambutannya berharap momentum ini dapat meningkatkan spirit seluruh elemen masyarakat Pasangkayu untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan pengelolaan sampah yang lebih baik dengan tujuan mewujudkan Pasangkayu bersih menuju Adipura.

Pengelolaan sampah dibutuhkan program yang terukur, terencana dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan, sehingga sampah tidak menjadi timbunan di tempat pembuangan akhir.

“Melalui HPSN ini saya mengajak seluruh elemen masyarakat bersama Dinas LH untuk menggalakkan serta menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan asri,” kata Yaumil.

Ia pun mengajak masyarakat untuk berkreasi mendaur ulang sampah sehingga menjadi barang yang memiliki nilai guna dan nilai jual (ekonomi).

“Kita harus bertanggungjawab menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat serta meningkatkan kerjasama dalam upaya mengelola sampah secara berkelanjutan”, pungkas Yaumil.

Selama ini, di sejumlah titik dalam kota Pasangkayu masih terlihat kotor dan jorok. Lebih lagi di musim hujan, sebab kanal sering meluber.

Selain itu, rerumputan dan penataan tanaman serta kebersihan pekarangan di kompleks perkantoran pemda juga masih belum dapat perhatian ekstra.

Dan sering menjadi sorotan yaitu masih banyak hewan milik warga yang berkeliaran di jalan raya meski sudah diberlakukan sanksi sesuai regulasi tapi tetap saja tak mempan. (Er/Ar)

(ADV)

Bagikan
Deskripsi gambar...

31 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here