banner 728x90

Pagar Nusa Sulbar Bersama NU Berkomitmen Menjaga NKRI Serta Islam Nusantara

banner 728x90
Persiapan Pagelaran Silat Kampung

Persiapan Pagelaran Silat Kampung

Katinting.com, Mamuju – Menjelang acara pagelaran Silat kampung, di padepokan silat Buraq Padang Balanipa sabtu 28 Mei 2016, Wakil ketua Barisan Muda Pesilat kampung, Suryananda, berharap Pagar Nusa Sulbar proaktif dalam membina anak muda NU dalam bidang bela diri silat, ini dalam rangka mendukung penguatan kesatuan NKRI.

“Silat tak hanya kebudaayan dan beladiri Nusantara, tetapi juga sebagai salah satu benteng tangguh dari gerakan radikalisme dan liberalisasi. Pasalnya dalam silat utamanya silat kampung ini tak hanya mengajarkan kanuragan tapi disanalah tempat memahami bagaimana Islam Nusantara, bahkan dipadepokan merupakan salah satu semangat islam Nusantara. Kita harus mendukung gerakan GP Ansor dan kami siap memasok kader kami untuk menjadi Banser NU,” urai Suryananda.

“Kami di BMPK ini tidak berada dalam naungan IPSI, kami hanya ingin dinaungi oleh NU, jika perlu kami siap mendukung jika kiranya PBNU mau mengakomodir kita sebagai banom NU secara Nasional khusus pesilat muda mendampingi Pagar Nusa,” tuturnya.

Sambung ia mengatakan, Ini penting, sebab sudah jarang pemuda, bahkan pemuda NU saat ini mencintai kebudayaan lokalnya. Yang ada hari ini malah bela diri moderen atau Asing mewarnai khasanah Nusantara,” ungkap Kader muda NU Sulbar yang juga aktivis PMII.

Dirinya menambahkan, “Jika direfleksi, siapa yang bakal meneruskan kalau bukan kaum muda, khususnya silat kampung yang masih murni tradisional , sangat lokal Indonesia. Itu merupakan kebanggaan Indonesia. Untuk itulah kita para pemuda menyatukan diri dalam barisan muda pesilat kampung Sulbar. Semoga PBNU bisa mengamini niat ide kami,” pungkas penggiat kebudayaan ini.

Hari ini pagelaran silat kampung yang kami agendakan sebagai wujud untuk menyatakan komitmen mendukung penguatan dan menjaga NKRI serta Islam Nusantara. (*)

Bagikan
Tidak ada Respon

Komentar ditutup.