Ilustrasi (net)

Untuk memulai bisnis di zaman sekarang ini caranya sangat mudah. Ingin mendapatkan penghasilan namun tidak mengeluarkan banyak modal untuk jualan merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh para penjual.

banner 728x90

BACA JUGA: 5 Sarung Atlas Terbaik Pilihan

Jualan online saat ini memang sedang eksis – eksisnya dan perkembangannya cukup pesat. Untuk berjualan oline, sebenarnya kamu tidak perlu siapkan modal besar. Namun, kemungkinan bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang berbondong – bondong beralih dari yang awalnya seorang pegawai menjadi penjual online.

Namun, perlu kamu ingat bahwa dalam jualan online tentu ada hambatannya masing – masing. Meski demikian, sebagai pemula yang ingin berjualan online, kamu tidak perlu khawatir untuk memulainya. Sebab, berikut ini ada informasi mengenai beberapa cara jualan online tanpa modal yang bisa dilakukan oleh pemula :

Tentukan Apa Yang Akan Dijual

Terdapat dua macam bisnis yang bisa kamu pilih saat ingin terjun berjualan online yaitu apakah akan menjual produk atau jasa. Karena itu, kamu harus benar – benar mengetahui terlebih dahulu apa yang akan ditawarkan kepada konsumen sebelum memulai jualan online.

Jika ingin menawarkan produk, maka berarti kamu jualan barang secara online. Untuk jualan produk secara online ini, kamu bisa melakukannya dengan membeli atau memproduksi sendiri barang jualan kamu atau bisa juga dengan sistem dropship. Selain berjualan produk fisik, kamu pun bisa jualan produk digital seperti menjual tiket online, pulsa, dan sejenisnya.

Namun, jika ingin menawarkan jasa dalam jualan online. Ada beberapa contoh penawaran jasa yang bisa dicoba seperti jasa pengetikan, jasa penerjemah, atau jasa pembuatan website.

Membangun Pondasi Media Sosial

Saat memutuskan untuk jualan online, maka berarti kamu harus aktif melakukan pemasaran di internet atau media sosial. Sebab, salah satu cara efektif untuk memperkenalkan produk atau jasa kamu ke khalayak luas adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Adapun media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat akun jualan online antara lain Instagram, Twitter, Facebook, atau aplikasi e-commerce.

Membuat Website Pribadi

Cara jualan online bagi pemula berikutnya adalah membuat website khusus untuk jualan kamu. Pada tahap awal, kamu bisa manfaatkan media sosial untuk memperkenalkan bisnismu. Namun untuk bisa mengembangkan bisnismu, alangkahbaiknya kamu memiliki website pribadi yang nantinya bisa kamu pakai sebagai ‘tempat jualan’ kamu.

Melakukan Pemasaran Yang Tepat

Ada tiga komunitas orang yang menggunakan internet yaitu orang yang mencari informasi, orang yang mencari hiburan, dan orang yang ingin membeli produk atau jasa. Kamu bisa dengan mudah memasarkan produk kamu jika menggunakan content marketing dan target komunitas yang tepat.

Memberikan Nilai Tambah

Cara jualan online bagi pemula yang terakhir adalah dengan memberikan nilai tambah guna meningkatkan konsumen. Sebaiknya jualan kamu memiliki nilai tambah agar bisa lebih unggul dibandingkan para kompetitor kamu.

Contoh nilai tambah yang bisa diberikan adalah seperti layanan yang cepat dan mudah. Selain itu, kamu juga bisa memberikan kualitas jasa dan produk yang melebihi kompetitor kamu. Nilai tambah tersebut nantinya bisa menjadi poin plus untuk membangun kredibilitas kamu dimata konsumen.

BACA JUGA: Simak, Jenis Beserta Daftar Harga Kamera Paling Populer Tahun ini!

Semakin bagus nilai tambah yang diberikan, maka akan semakin banyak pula pembeli yang mempercayai produk kamu. Dengan memberikan produk yang terbaik untuk konsumen, kemungkinan bisnis kamu bisa lebih berkembang dan bertahan di jangka panjang.

(*/ADV)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here