Titik wilayah sungai Budong budong yang mengalami abrasi terparah dan memprihatinkan, di Dusun Talodo, Desa Pangalloang, Kec Topoyo, Mamuju Tengah. (dok Fhatur Anjasmara)
banner 728x90

Mamuju Tengah, Katinting.com – Gerusan air sungai Budong budong, yang menimbulkan abrasi sungai di wilayah Dusun Talodo, Desa Pangalloang, Kecamatan Topoyo, Mamuju Tengah makin memprihatinkan, karena puluhan hektar lahan perkebunan milik warga terdampak.

Dari pantauan laman ini, Kamis (15/06) gerusan air sungai Budong budong, selain mengancam lahan kebun milik warga, juga mengancam jalan penghubung Desa Pangalloang dengan Desa Topoyo, sebab jarak tepi sungai yang makin tergerus karena abrasi ini, tidak lebih dari 10 meter lagi.

Salah seoranb warga Pangalloang yang ditemui di lokasi abrasi, menuturkan bahwa derasnya hempasan air sungai Budong budong, makin mempercepat terjadinya abrasi, sebab tiga empat tahun lalu, jarak tepi sungai dengan jalan masih kurang lebih 20 meteran.

“Tapi saat ini, bisa kita saksikan sudah dangat dekat, bahkan tak lebih dari 10 meter lagi” ungkap Kasman.

Selain mengungkapkan ancaman terhadap jalan penghubung antara Pangalloang dengan Topoyo. Abrasi juga mengancam puluhan hektar perkebunan warga, bahkan sudah lahan warga sepanjang bantaran sungai Budong budong, tergerus hingga seperempat hektar.

“Kondisi lebih memprihatinkan karena perkebunan warga, sudah ada yang tergerus, dan tidak sedikit. Tentu ini sangat membutuhkan perhatian pihak terkait, sebab menyangkut lahan sumber penghidupan warga” beber Kasman.

Terpisah Kepala Desa Pangalloang Herman, saat dihubungi, mengemukakan bahwa pihak Pemerintah Desa sudah berupaya berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten melalui BPBD, hanya saja kemudian respon BPBD tak berpihak, karena kerusakan akibat abrasi tersebut tidak terdampak pada aset pemerintab daerah.

“Jadi kami telah membicarakan ini disertai dengan pengajuan proposal bencana, namun respon dari BPBD, bahwa pihak BNPB tidak bersedian memberikan bantuan penanganan dengan alasan di area tersebut tidak ada dampak kerusakan akibat abrasi yang berdampak langsung pada aset pemerintah” singkat Herman. (Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here