Anggota Panwascam Mamasa bersama aparat dari Satpol PP Mamasa, saat melakukan penertiban APK peserta pemilu di Kecamatan Mamasa. (dok Saldi)
banner 728x90

Mamasa, Katinting.com – Dalam rangka memastikan semua peserta pemilu di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, patuh pada pedoman kampanye, Bawaslu Mamasa di backup oleh Satpol PP Mamasa, melakukan penertiban alat peraga kampanye (APK) peserta pemilu disejumlah tempat.

Dalam pelaksanaan penertiban APK peserta pemilu di Mamasa, Ketua Panwascam Mamasa Alexander, mengungkapkan bahwa semua APK yang menandakan simbol kampanye bagi peserta pemilu ditertibkan.

“Kami menertibkan Baligo, Banner, Flyer yang mengandung unsur kampanye yakni sudah ada nama, nomor urut, visi misi ajakan untuk mencoblos, ” kata Ketua Panscam Kecamatan Mamasa Alexander kepada Wartawan, Rabu (8/11)

Ia menuturkan masa kampanye peserta pemilu baru akan dimulai 28 November 2023 mendatang, dan penentuan zonasi APK peserta Pemilu akan ditentukan oleh KPU Mamasa.

“Sehingga Bawaslu dalam koordinasi dengan peserta Pemilu, meminta mereka segera menurunkan APK, tapi banyak yang membangkan, sehingga kami melakukan penertiban bersama Satpol” tutur Alexander.

Terpisah Kasatpol PP Mamasa Muhammad Nawir, keterlibatan Satpol PP dalam penertiban APK peserta Pemilu sudah sesuai dengan pedoman aturan pelaksanaan Pemilu, terhadap pemasangan APK ditempat umum.

“Karenanya, hari ini kami ikut membantu Bawaslu melakukan penertiban, dan serentak di 17 kecamatan di Mamasa” jelas Nawir.

Ia menambahkan kegiatan penertiban dilakukan hari ini saja, sebab mulai 28 November nanti, pemasangan APK peserta pemilu dapat lagi dilakukan, namun zonasi pemasangannya, sudah jelas, berdasarkan aturan di KPU.

“Jadi nanti zonasinya ditentukan oleh KPU, karenanya, penertiban ini, hanya dilakukan hari ini saja secara serentak” tutup Nawir.

Penulis : Saldi
Editor : Fhatur Anjasmara

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here