banner 728x90

KPID Bahas Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Memilih Siaran Untuk Anak

banner 728x90

Ketua KPID Sulbar, April Azhari Hardi saat pembukaan kegiatan talkshow penyiaran. (Dok. Humas KPID Sulbar)

Mamuju, Katinting.com – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Barat (Sulbar), menggelar talkshow penyiaran dengan mengangkat tema “Peran Orang Tua Dalam Mendukung Siaran Sehat Anak” di Hotel Maleo Mamuju, Rabu (21/10).

“Ini dalam rangka mendukung siaran sehat untuk anak peran orang tua sangat dibutuhkan mengawal aktifitas anak utamanya dalam hal menonton tayangan baik pada media televisi maupun pada media lainnya yang tentunya sangat mudah diakses oleh siapa saja,” kata Ketua KPID Sulbar, April Azhari Hardi pada pembukaan talkshow tersebut.

Koorbid kelembagaan KPID Sulbar Sri Ayuningsih mengatakan, peran orang tua begitu penting dalam membimbing anaknya memilih siaran yang ramah dan memenuhi tuntunan.

“Dengan adanya pengawasan dan pengawalan orang tua terhadap anaknya tentunya dapat meminimalisir kemungkinan anak-anak kita menonton tayangan atau siaran yang tidak sesuai dengan usia dan kondisi kejiwaannya,” sebutnya.

Sementara itu, aktivis sekaligus pemerhati anak, Fahri Yusuf dalam pemaparannya menitik beratkan perhatian orang tua terhadap anaknya sebagai salah satu bentuk implementasi pemberian hak asasi manusia orang tua kepada anaknya. Perhatian tersebut sangat berdampak positif terhadap perkembangan anak, salah-satunya dalam hal pemberian edukasi tentang klasifikasi konten tayangan yang layak didengar dan dilihat.

“Pendampingan orang tua dengan tetap berpegang pada norma-norma etika dan budaya kepada anak dipastikan akan menguatkan karakter sang anak, sebab mereka dituntun memilih dan memilah hal-hal yang pantas dan tidak pantas untuk didengar, dilihat bahkan ditiru dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Fahri Yusuf.

Narasumber lainnya Muh. Yusuf Umar dari RRI pada kegiatan itu mengajak para peserta yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat yang ada di Mamuju agar bisa mengambil peran aktif mengedukasi anak-anak kearah yang lebih positif dengan cara mengarahkan agar terbiasa mendengarkan siaran RRI.

“Karena di RRI informasinya sangat beragam dan untuk anak usia sekolah ada segmen pembelajaran yang dapat memperkaya pengetahuannya dimasa pandemi ini,” katanya.

Yusuf Umar pun berharap agar ada masyarakat atau organisasi kemasyarakatan yang dapat menjadi pembicara tentang siaran sehat untuk anak di RRI sebagai bentuk kepedulian kita semua bagi generasi muda.

Sumber : Humas KPID Sulbar

Edit : Zulkifli

Bagikan
banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "KPID Bahas Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Memilih Siaran Untuk Anak"