Penjabat Gubernur Sulawesi Barat Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh, saat membuka rapat Forkopimda bersama stakeholder dan penyelenggara pemilu bertempat di D'Maleo Hotel, Mamuju, Jumat 15 Desember 2023. (dok Fhatur Anjasmara)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Bertempat di ruang pertemuan serbaguna D’Maleo Hotel Mamuju, Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat, menggelar rapat forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sulawesi Barat, bersama stakeholder pemilu dan penyelenggara pemilu, pada Jumat (15/12).

Kegiatan ini, dibuka oleh Penjabat Gubernur Sulbar Prof Dr Zudan Arif Fakrulloh, yang didampingi oleh sejumlah pejabat utama di Pemprov Sulbar. Pada kesempatan ini, Sekertari BNPP ini menegaskan bahwa berdasarkan rujukan undang undang mengatur, maka ASN harus netral dalam pelaksanaan pemilu.

“Karenanya, Saya berharap melalui kesempatan yang baik ini, menjadi wadah untuk mengingatkan kembali kepada para ASN untuk berlaku netral di Pemilu nanti, dan tentu forum ini, adalah forum yang telat mengingatkan ASN” ujar Prof Zudan.

Ia juga menyampaikan karena kegiatan tersebut menjadi sangat penting, maka tentu hal yang sama juga digunakan oleh sejawat dari Polri dan TNI, melalui institusi masing masing, mengingatkan anggotanya, sehingga pelaksanaan Pemilu mendatang berjalan sesuai dengan harapan kita semua.

“Oleh sebab itu, semua stakeholder baik ormas maupun OKP dan lembaga Pers yang hadir dalam kegiatan ini, kita mohon dukungannya, agar bersama sama menyukseskan Pemilu 2024 mendatang, dalam suasana kondusif” mohon Prof Zudan.

Ia pun tak luput dari membuka jejak pelaksanaan pesta demokrasi di Sulawesi Barat, sehingga tidak menemukan catatan adanya kondisi pelaksanaan pemilu baik nasional maupun pemilu lokal tidak dalam kondisi kondusif.

“Meskipun kemudian pada Pilkada Mamuju pertama tahun 2015, sempat ada sedikit problem, namun saya percaya dengan komitmen bersama stakeholder dan penyelenggara pemilu, maka pemilu ini akan berlangsung kondusif, jadi saya mohon juga kepada wartawan kiranya mengambil peran dalam pengawasan pemilu yang prosesnya sedang berlangsung saat ini, dan saya yakin atas komitmen bersama ini nantinya, partisipasi pemilih akan meningkat” beber Prof Zudan.

Usai pembukaan kegiatan rapat ini oleh penjabat Gubernur Sulbar, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari tiga Narsum, masing masing dari Polda Sulbar, KPU Sulbar dan Bawaslu Sulbar. Tiga Narasumber yang hadir ini, semua sama sama memaparkan literasi kepemiluan, bagaimana memastikan pelaksanaan pemilu mendatang berjalan dengan baik, sesuai harapan dan agenda bersama.

Acara ini ditutup oleh Asisten Bidang Pemerintahan Pemprov Sulbar Herdin Ismail, mewakili gubernur, dan dalam ucapan penutupnya, Ia berharap kiranya, kesepakatan komitmen bersama yang dihasilkan dalam pertemuan kali ini, dapat menjadi penjaga pelaksanaan pemilu kedepan.

“Tentu harapannya, adalah kita bersama mampu menjaga pelaksanaan pemilu ini, berjalan sesuai agenda yang telah disusun oleh penyelenggara” singkat Herdin Ismail. (Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here