Sahidin saat berorasi di atas mobil pick up menuntut PT Pasangkayu mengembalikan hutan lindung yang diduga diterobos
banner 728x90

Pasangkayu, Katinting.com – Gabungan beberapa kelompok warga di Pasangkayu, Sulawesi Barat menuding PT Pasangkayu menerobos hutan lindung.

Hal itu disampaikan kelompok warga yang dikordinir oleh Sahidin pada saat melakukan aksi demo di Gedung DPRD Pasangkayu, Kamis, 12 Oktober 2023.

Puluhan warga membentangkan spanduk dengan berbagai tuntutan itu dikawal ratusan personil Polres Pasangkayu dan Satpol PP Setda Pasangkayu.

Dalam orasinya, Sahidin meminta agar perusahaan tidak diskriminasi dan semena-mena terhadap warga. Pasalnya, beberapa waktu lalu, Ligo, warga Ako sempat dilaporkan ke polisi karena diduga menyerobot lahan HGU.

“Hari ini kami meminta PT Pasangkayu mengembalikan hutan lindung yang diterobos. Kami harap DPRD memperjuangkan hak-hak masyarakat. Kami juga meminta PT Pasangkayu jangan sewenang-wenang terhadap warga,” pinta Sahidin.

Dia pun menuding perusahaan sawit terbesar di Sulawesi itu sebagai kapitalis. Masalahnya, menurut Sahidin, sudah merampas tanah masyarakat.

“Nenek moyang kami dulu berjuang untuk kemerdekaan, tapi hari ini tanah yang dirampas oleh perusahaan,” lanjut aktivis itu.

Karena itu, kepada pihak terkait, dia memohon agar mencabut izin PT. Pasangkayu dan dan menangkap pihak yang terlobat di dalam.

Kemudian, dia mendesak anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk itu untuk segera mengganti rugi dengan cara memulihkan kawasan hutan lindung yang diduga telah dialihfungsikan selama puluhan tahun.

Bentangan spanduk berisi tuntutan warga kepada PT Pasangkayu

Pada saat aksi, hanya dua anggota DPRD Pasangkayu yang hadir dan menerima para pendemo, Herman Yunus dan Hamzah. Selebihnya 28 anggota lainnya tidak diketahui alasannya.

Kata Herman Yunus, pihak DPRD akan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Dan akan menyampaikan kepada pihak yang bersangkutan.

Saat dihubungi via pesan soal perkara ini usai aksi, CDAM PT Astra Agro Lestari Tbk Areal C1 belum memberikan tanggapan.

Lalu media mengkongfirmasi CDO PT Pasangkayu, Juanda setelah itu. Tapi, CDO yang baru menjabat itu belum bersedia memberi tanggapan.

“Entar pas ketemu, saya tanggapi ya pak. Tapi hari ini belum bisa ketemu. Entar dijadwalkan. Karena, belum serahterima tugas (CDO) pak,” kata Juanda melalui pesan.

Arham Bustaman

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here