Foto siswa yang belajar melantai
Foto siswa yang belajar melantai
banner 728x90

Matra, Katinting.com – Maju tidaknya sebuah daerah ditentukan dengan pendidikannya. Tentu hal tersebut bukan hanya penggalan kata. Sebab saat ini pendidikan adalah variabel untuk menentukan tingkat kualitas sumber daya manusia.

Maka sudah menjadi tanggung jawab pemerintah untuk dapat menjamin terselenggaranya pendidikan dengan mutu dan kualitas yang baik. Bahkan hal tersebut diatur dalam UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang mengamanatkan kepada pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa  diskriminasi.

Tidak hanya itu, bahkan tegas kemudian tertuang dalam Pasal 31 ayat 4 UUD 1945 Amandemen ke 4 mengamanatkan bahwa negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen, baik APBN maupun APBD.

Harapan alokasi dana tersebut, juga diharapkan oleh siswa di SMP Negeri 05 Satap Bambalamotu yang terletak di Dusun Kapangi, Desa Kalola, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Matra, Provinsi Sulawesi Barat, yang saat ini belajar melantai.

Foto siswa yang belajar melantai
Foto siswa yang belajar melantai

Kondisi SMP Negeri 05 Satap Bambalamotu saat ini, hanya terdapat 2 Ruang Kelas Belajar (RKB) dan satu perpustaakaan untuk melayani 90 siswa – siswi. Kurangnya RKB, terpaksa menjadikan perpustakaan sebagai tempat menerima pelajaran sambil melantai.

Tidak hanya itu, kantor sekolah itu pun, menggunakan bekas gudang perpustakaan untuk menjalankan administrasi, sehingga diharapkan mendapat bantuan mobiler dan RKB.

Rahmadi yang prihatin, menuturkan kondisi sekolah tersebut kepada kantinting.com, berharap pemerintah mau memberi perhatian menambah bangun RKB serta kursi dan meja bagi 30-an siswa yang setiap harinya belajar melantai.

“Tentu hal itu patut mendapat perhatian dari pemerintah, kasihan jika dibiarkan terus menerus tanpa adanya bantuan. Sehingga saya berharap kepada pemerintah dapat memberikan bantuan untuk penambahan ruang kelas belajar serta memberikan kursi dan meja bagi siswa yang saat ini belajar melantai,” tutur pemuda Matra, Alumni pendidikan sejarah UNTAD Palu, Sulawesi Tengah ini. (Anhar Toribaras)

Foto siswa yang belajar melantai
Foto siswa yang belajar melantai
Bagikan
Deskripsi gambar...