Flyer Disnaker Sulbar
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com — Dinas Tenaga Kerja  (Disnaker) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) berencana merekrut dan melatih 416 calon tenaga terampil melalui 13 program keterampilan sepanjang tahun 2024.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Barat, Andi Farid Amri, mengungkapkan bahwa mereka telah melakukan rapat internal dengan Balai Latihan Kerja di beberapa Kabupaten untuk membahas rencana pelaksanaan pelatihan bagi calon tenaga terampil di Sulbar.

“Andaikan terdapat 13 program yang kami siapkan, dan setiap program akan menerima 16 calon tenaga terampil yang telah memenuhi syarat yang telah ditetapkan,” ungkap Andi Farid.

Rekrutmen calon tenaga terampil tersebut akan dilaksanakan di berbagai Balai Latihan Kerja di Sulawesi Barat, dibagi berdasarkan angkatan. Tahap pertama akan diadakan di BLK Polewali Mandar, angkatan kedua di BLK Majene, dan seterusnya di beberapa tempat lainnya seperti di SMK 1 Topoyo Mamuju Tengah dan BLK Sulbar Mamuju.

Program pelatihan yang akan dibuka mencakup berbagai bidang seperti Tata Busana, Barista, Tata Rias dan Kecantikan, Asisten Operator Komputer (COA), Desain Grafis, Teknisi AC Residental, Teknik Pengelasan, Tata Rias Kecantikan Rambut/Pangkas Rambut/Barber, Administrasi Perkantoran, Akuntansi Junior, Pengelolaan Hasil Perikanan, Tata Boga, dan Content Creator.

“Ini merupakan kesempatan emas bagi masyarakat, terutama kaum muda di Sulbar untuk memanfaatkan peluang ini, dan yang terbaik adalah program ini gratis tanpa biaya,” ujar Andi Farid.

Ia menekankan agar semua pendaftar memperhatikan syarat dan jadwal penerimaan yang akan dilaksanakan. Persyaratan yang harus dipenuhi antara lain adalah usia 18-40 tahun, tidak sedang bekerja, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal. Lulusan SMA atau setara diperuntukkan bagi program seperti Content Creator, COA, Administrasi Perkantoran, Akuntansi Junior, dan Desain Grafis, sementara bagi lulusan SD atau setara dapat mendaftar untuk program lainnya.

Para peserta juga diharapkan untuk menyelesaikan seluruh pelatihan yang diikuti, serta melampirkan salinan KTP dan ijazah, serta foto latar merah ukuran 3×4 sebanyak 5 lembar.

Andi Farid juga memberikan jadwal pelaksanaan untuk setiap angkatan, dimulai dari 29 Januari – 09 Maret 2024 di BLK Polewali Mandar, hingga 24 September – 04 November 2024 di SMK 1 Mamasa.

“Informasi lebih lanjut dapat langsung ditanyakan ke BLK masing-masing Kabupaten,” tambahnya.

Dia menekankan bahwa rekrutmen calon tenaga terampil ini sebagai bagian dari optimalisasi seluruh Balai Latihan Kerja di Sulawesi Barat, dan sejalan dengan arahan dari Pj Gubernur Sulbar, Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

“Tujuan dari pelaksanaan ini adalah memberikan peluang kepada masyarakat untuk memperoleh keterampilan sehingga dapat menjadi wirausahawan dan entrepreneur di Sulbar,” tutupnya. (ADV/Ed: Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here