Panen Raya Kol di kawasan transmigrasi UPT Sinyonyoi, Marano, Mamuju.
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com Pemerintah Provinsi Sulbar, melalui dinas Transmigrasi Sulbar menggelar panen perdana Kol di kawasan Transmigrasi Sinyonyoi Marano, Mamuju.

Rencananya, kegiatan ini akan dilaksanakan oleh Pj. Gubernur Sulawesi Barat Bapak Zudan Arif Fakrulloh bersama stakeholder terkait. Namun karena lain hal, kegiatan ini di wakilkan oleh Kepala Dinas Transmigrasi vs  Sulbar, H. Ibrahim bersama jajarannya didamping Direktur PT. Pupuk Kaltim dan Tokoh Masyarakat Sinyonyoi pada 9 Juli 2023.

Sekedar diketahui, tahun 2022 lalu, Dinas Transmigrasi Provinsi Sulbar bersama kelompok masyarakat setempat telah melakukan penanaman perdana kentang dengan luasan 1 hektar dengan hasil 14 ton kentang dengan masa tanam 4 bulan sejak 12 Desember 2022 bertepatan Hari Bakti Transmigrasi ke  72 dan panen perdana tanggal 14 April 2023.

Penanaman Perdana Kentang di awali Kegiatan 3 in 1 yakni Padat Karya Tunai Pembersihan Lahan, Pelatihan Kentang dan Bantuan Bibit Kentang 1.000 Kg.

Selanjutnya, pada tanggal 14 April 2023 lalu, Mitra Usaha PT. Pupuk Kaltim bersama masyarakat telah melakukan penanaman kol, masa tanam 4 bulan dengan luasan 1,5 hektar sebanyak 18.000 ribu kol dengan 3 tahap tanam, setiap tahap sebanyak 6.000 kol dengan jarak tanam 2 minggu, hal ini dilakukan sehingga panen kol nantinya akan continue melalui 3  tahapan dengan target produksi kol sebanyak 6 (enam) ton untuk di distribusikan ke Kalimantan melalui Offtaker CV. Karya Mutiara.

Dengan harapan, pengembangan Hortikultura di Kawasan Transmigrasi ini berorientasi pada Pasar Ibu Kota Negara Kalimantan dan Pulau Sulawesi merupakan salah satu program prioritas yang dikoordinasikan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dengan tujuan untuk meningkatkan aksesibilitas jalan poros (usulan program 2024), produksi, kualitas, dan kontinuitas produk hortikultura dan rantai distribusi pemasaran untuk ketahanan pangan dan pendapatan asli daerah.

(Advertorial)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here