Ketua Bapilu DPC DEmokrat Mamuju Tengah Eka Ali Akbar dan Sekertaris Partai Golkar DPD Mamuju Tengah Firman. (dok Ist)
banner 728x90

Mamuju Tengah, Katinting.com – Tahapan pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024 sudah dimulai, sejumlah Parpol telah menyiapkan berkas dan nama para Bacaleg yang akan mereka usulkan untuk menjadi Caleg Parpol.

Diantara Parpol yang telah menyiapkan daftar berkas dan usulan nama Calegnya, adalah Partai Demokrat dan Partai Golkar, dan kedua Parpol ini, telah memastikan menyiapkan Caleg mereka sesuai kuota masing masing Parpol.

Menariknya dari kedua Parpol ini dalam menghadapi pemilu 2024 nanti, pada perbedaan target potensial capaian kursi mereka, sebab dari pemilu sebelumnya, di mana pada pemilu sebelumnya, Demokrat menargetkan lebih banyak kursi dari partai Golkar, untuk pemilu 2024 hanya menargetkan 5 kursi.

Berbeda dengan partai Golkar yang pada pemilu sebelumnya, menargetkan lebih sedikit kursi, untuk pemilu kali ini, menargetkan lebih banyak kursi dan bahkan lebih besar jumlahnya dari Demokrat pada pemilu sebelumnya.

Saat laman ini menghubungi Ketua Bapilu Demokrat Eka Ali Akbar, Kamis (04/05), kubu Demokrat menyampaikan bahwa pihaknya, menggunakan target rasional saja, yakni 5 kursi dengan rasio potensi.

“Jadi daerah pemilihan (Dapil) Mamuju Tengah 1 kami target hanya 3 kursi, sementara pada Dapil Mamuju Tengah 2 dan 3, kami hanya rasio target kami hanya 1 kursi setiap dapil” sebut Eka.

Namun, Ia pun juga tetap optimis, bahwa bisa saja partainya memeroleh kursi lebih dari target potensi yang sudah di tentukannya, dengan melihat latar belakang para Caleg yang di usulkan oleh demokrat.

“Karena saat ini, dominan masih kader yang kami usul, maka kami juga masih optimis, bisa lebih dari itu, sebab 70 persen masih kader partai dari awal berdirinya partai ini di Mamuju Tengah selebihnya adalah orang baru sebanyak 30 persen, dari berbagai latar belakang disiplin ilmu dan keahlian” papar Eka.

Untuk pemilu kali ini, pihaknya tetap memenuhi kuota kursi setiap Dapil, yakni 12, 8 & 5, termasuk kemudian pemenuhan kuota 30 persen perempuan dipenuhinya, bahkan demokrat juga mendorong perempuan yang punya potensi di ranah politik.

“Jadi semua kuota dapil kami bisa penuhi, termasuk kemudian kuota 30 persen perempuannya, dan kami menyodorkan perempuan yang kami anggap mempuni mewakili partai kami bicara soal perempuan” imbuh Eka.

Terpisah, Sekertaris Partai Golkar DPD Mamuju Tengah Firman, di kantor partainya, mengemukakan bahwa kali ini Golkar percaya akan meraih kursi sebanyak 9 kursi dari 25 kursi di DPRD Mamuju Tengah.

“Jadi kami target pemenang memang di Mamuju Tengah, karenanya target potensi yang kami sudah hitung secara matang, kami target kursi 9, masing masing Dapil Mamuju Tengah 1 sebanyak 5, Mamuju Tengah 2 dan 3 masing masing 2 kursi” tegas Firman.

Ia menuturkan kali ini, partai Golkar menghadirkan performa Caleg yang terbilang mempuni, karena diisi oleh kader Golkar yang baru, tidak kurang dari 70 persen, hanya 30 persen kader lama dari partai ini yang maju.

“Karenanya kami tentu tidak muluk muluk dengan target kami sebanyak 9 kursi, dengan melihat performa Caleg yang kami tawarkan untuk menjadi pilihan masyarakat pemilih nanti di Pemilu 2024” tutur Firman.

Katanya, dari 70 persen Caleg Golkar yang merupakan kader baru partai, berasal dari latar belakang ragam profesi, yang memang sudah memiliki pengelaman dekat masyarakat dan punya basis yang rill.

“Ada yang dari pengusaha, dari birokrasi, tokoh pemuda, dan semua punya kompetensi yang tak kami ragukan” pungkas Firman. (Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here