Kekeringan ekstrim dampak el nino membuat kekeringan sumur warga. (dok Ist)
banner 728x90

Mamuju Tengah, Katinting.com – Dampak langsung Badai El Nino, mulai dirasakan oleh warga yang berdiam di Mamuju Tengah, beberapa sumur resapan warga di sejumlah wilayah yang di diami warga, mulai mengering tanpa air, sehingga warga harus mencari sumber air dari tempat lain.

Kepada laman ini, salah seorang warga Mamuju Tengah dari Desa Salumanurung, Supran, mengemukakan bahwa sejak ia dan keluarganya menetap di Mamuju Tengah dari 4 tahun lalu, baru kali ini, mendapati air sumur satu satunya sumber air untuk memenuhi kebutuhan airnya sehari hari mengalami kekeringan.

Karenanya saat ini harus ke sumur tetangga dusunnya mendapatkan air guna memenuhi kebutuhan akan air untuk mandi dan mencuci dengan membawa jerigen isi 20 literan sebanyak 5 buah, bolak balik menggunakan bentor.

“Sumur kami benar benar kering, dan dengan menggunakan bentor kami mengambil air dari sumur tetangga dusun kami, karena kalau kami menggali sumur sulit mendapatkan air” ungkap Supran.

Selain warga di Desa Salumanurung, di desa wilayah Kecamatan Karossa pun juga tak kala peliknya dirasakan oleh warga, sebab dampak kekeringan ekstrim ini, membuat sumur satu satunya sumber air mereka, kekeringan, sekalipun ada upaya dengan membor air tanah tetap juga tak ditemukan mata air.

“Sudah hampir satu bulan ini, sumur kami kekeringan, kami upayakan dengan membor, tapi kami tetap tak menemukan sumber mata air, sungguh cukup parah kondisi kemarau ini” keluh Arifin yang saat ini berkebun diwilayah Muhajir.

Katanya, untuk memenuhi kebutuhan sumber airnya, terpaksa menggunakan jerigen bolak balik dengan motornya, mengojek jerigen berisi air.

“Jadi kami saat ini, ke sungai mandi dan mencuci yang cukup jauh dari tempat kami, dan pulang menggandeng jerigen 2 buah, dan ini sudah berlangsung hampir sebulan” kata Arifin.

Dari pantauan laman ini, kekeringan yang mulai dirasakan warga Mamuju Tengah ini, bukan hanya dirasakan warga yang berdiam di wilayah luar perkotaan Mamuju Tengah tapi juga dalam wilayah perkotaan, sejumlah warga yang berdiam di beberapa komplex perumahan maupun pemukiman padat penduduk juga merasakan dampak El Nino ini, sebab sumber air melalui layanan PDAM juga beberapa kali tak terlayani dengan baik.

Sehingga untuk memastikan warga yang berdiam di wilayah kota Mamuju Tengah, BPBD memanfaatkan armada tangki penyuplai bantuan air bersih, untuk melayani warga di sejumlah wilayah pemukiman, secara geratis. (Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here