Gambar penampakan foto yang digunakan oleh orang tak bertanggungjawab, menciptakan kekuatiran massal, sementara gambar lainnya, merupakan potongan gambar berisikan terjemahan dari tulisan dalam bahas China. (dok Fhatur Anjasmara)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Beredar sebuah foto bergambar seorang pria dengan rompi dipunggung belakang, bertuliskan “Bergerak China Menuju Indonesia” dalam bahasa Indonesi, sementara tulisan lainnya yang belum diketahui artinya dalam bahasa China.

Pria dengan rompi dipunggung belakang bertuliskan “Bergerak China Menuju Indonesia” sedang bersama seorang perempuan di sebuah pusat perbelanjaan, perempuan itu juga menggunakan rompi yang sama digunakan pria tersebut, namun tidak terdeteksi apa tulisan dibalik punggung perempuan itu.

Gambar ini, sejak Minggu (03/03) beredar di sejumlag group perpesanan WhatsUp (WA) dengan caption tambahan “Mohon di zoom & dibaca tulisan yg dipunggung dan sebarkan keseluruh pelosok Indonesia, supaya masyarakat Indonesia tahu maksud n tujuan China di Indonesia ? Salam akal sehat n jangan gagal paham “

Peredaran gambar tersebut sangat massif, sebab tidak kurang dari tiga group WA orang Mamuju, Sulbar, ditemukan persebaran gambar tersebut, sejak Minggu pagi. Olehnya Tim CekFakta www.katinting.com, segera melakukan penelusuran gambar tersebut dan mencari tahu sumber gambar.

Pada pencarian gambar di google lens, ditemukan gambar yang identik, dan gambar tersebut diketahui mulai tersebar pada September 2023 lalu, bahkan juga di sejumlah pemilik akun X (baca Twitter) tim CekFakta menemukan peredaran gambar tersebut sejak September 2023, jadi bukan gambar baru.

Hanya saja kemudian, tim CekFakta tidak menemukan sumber terbuka di internet membahas fakta dari tulisan di rompi tersebut, sehingga tim CekFakta mencoba menggunakan google translate tulisa dari sebuah gambar, dan tim CekFakta menemukan terjemahan berbeda dari tulisan di atas dari tulisan “Bergeraklah Menuju Indonesia” di mana tulisan China yang di atas memiliki terjemahan dalam bahasa Inggris sebagian dan sebagian lagi dalam bahasa Indonesia yakni “DANCING WITH CHINA HADIR DI INDONESIA” sehingga bila tulisa yang dibawah dipadukan, akan ditemukan kesatuan kaliman bertuliskan “DANCING WITH CHINA HADIR DI INDONESIA, BERGERAKLAH MENUJU INDONESIA”

Kesimpulan :

Meskipun tim CekFakta tak menemukan sumber sumber terbuka di Internet, sumber gambar asli, namun tim CekFakta meyakini tulisan “Bergeraklah Menuju Indonesia” bukan hal yang perlu di kuawatirkan, sebab pada kalimat pendahulu dari tulisan tersebut dalam bahasa China, setelah tim CekFakta menterjemahkan tulisan tersebut, ditemukan terjemahan “Dancing With China, Hadir di Indonesia”.

Karena pengguna dari rompi ini adalah bagian dari rombongan kesenian penari, maka tulisan “Bergeraklah Menuju Indonesia” merupakan afirmasi untuk tim kesenian itu sendiri dan para fansnya, bahwa mereka juga menampilkan kesenian yang mereka tekuni, di Indonesia.

Olehnya tim CekFakta www.katinting.com meyakini tulisan tersebut tak ada hubungan soal isu bahwa China akan menguasai Indonesia, tulisan itu sekali lagi di duga hanya afirmasi oleh kelompok penari itu.

Untuk itu, tim CekFakta memohon kepada para pembaca untuk memastikan kebenaran sumber info, sebelum melalukan share sebuah info, sehingga tidak terjebak dalam info Hoax. (CekFakta/Fhatur Anjasmara)

Bagikan
Deskripsi gambar...

24 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here