oleh

Baznas Sulbar dan BPJS Ketenagakerjaan Teken Kerjasama

-Daerah-407 Dilihat
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Guna memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi relawan Baznas dan pekerja rentan (Mustahik), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Barat teken perjanjian kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Rabu (15/6/2022).

Ketua Baznas Sulbar Ahmad, mengatakan, pekerja rentan yang dimaksud ialah pekerja nonform al, yang selama ini tidak memiliki kepastian tentang jaminan ketenagakerjaan saat bekerja.

Sebanyak 750 jiwa yang menjadi target yang akan dijamin dengan BPJS Ketenagakerjaan.

“Batas umur yang dapat di daftarkan untuk mendapatkan perlindungan jaminan kecelakaan kerja serta kematian adalah maksimal umur 65 tahun saat didaftarkan pada BPJS ketenagakerjaan serta perlindungan sampai batas umur 70 tahun,” ungkapnya.

Meskipun terbilang kecil, diharapkan mampu memberikan rasa aman saat bekerja. Apalagi kata Ahmad, Baznas sesuai amanat Undang-undang 23 tahun 2011 hadir untuk membantu negara dalam pengentasan kemiskinan.

“Kerjasama ini sangat luar biasa buat saudara-saudara kita yang memang dianggap kurang mampu membayar BPJS Ketenagakerjaan, walupun kelihatan kecil tetapi saudara-saudara kita ini pekerja non formal yang kadang pendapatannya tidak cukup makan,” tuturnya.

Kepala Kantor Cabang BPJS ketenagakerjaan Sulbar, Akhmad Hidayat menerangkan, dengan kerjasama ini para pekerja tersebut mendapatkan perlindungan jaminan sosial.

BPJS ketenagakerjaan sendiri memiliki lima program utama, yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan Jaminan kehilangan pekerjaan.

Untuk kerjasama ini, program yang diikuti ialah jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

(rls)

Bagikan

Komentar