Kapolda Sulbar saat memberikan keterangan pers saat Analisa dan Evaluasi Situasi Kamtibmas. (Foto Zulkifli)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si., mengucapkan terimakasi dan apresiasinya kepada seluruh pihak atas partisipasi dan dukungannya sehingga situsi kamtibmas di Sulawesi Barat tetap kondusif.

Tersebut disampaikan Kapolda dalam konferensi pers analisa dan Evaluasi (Anev) situasi Kamtibmas di Aula Arya Guna Jl. Aiptu Nurman Kalubibing Mamunyu. Kamis (3/1).

Kapolda menuturkan, perayaan Natal dan pergantian tahun 2018 menjadi salah satu bukti kerjasama.

“Kepedulian dan kekompakan bersama sehingga keamanan dan ketertiban di Sulawesi Barat tetap terjaga hingga saat ini,” tutur Kapolda.

Tak hanya itu, pihak Mabes Polri juga telah menyatakan pasca perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 Sulawesi Barat merupakan salah satu wilayah teraman dan paling kondusif.

Capain tersebut tentu tidak terlepas dari peran serta seluruh pihak terkhususnya media yang banyak memberitakan kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan saat Perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 sehingga Sulawesi Barat tercatat sebagai wilayah teraman dari pusat di banding dengan daerah lainnya.

“Cara yang dilakukan untuk mengisi kegiatan tahun baru seperti dzikir dan doa menjadi berkah di Sulbar buktinya tidak ada kejadian-kejadian dari isu-isu hoax yang beredar sebelumnya seperti Gempa, Tsunami dan sebagainya,” katanya.

Pada kesempatan ini, masing-masing dari tamu undangan menyampaikan pendapatnya bahkan apresiasi atas situasi yang terwujud pasca perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 yang terlaksana dengan aman dan lancar.

Kapolres Mamasa yang juga hadir pada konferensi pers tersebut,  mengatakan terciptanya keamanan pasca tahun baru, tidak terlepas dari partisipasi semua pihak.

Ia menuturkan, ada beberapa hal yang menjadi acuan untuk mengelola Kamtibmas agar kondusif dengan menekankan untuk melakukan kegiatan berupa doa bersama dan dzikir serta tidak membunyikan petasan sehingga kegiatan Natal dan Tahun baru 2019 di Mamasa bisa terlaksana dengan aman dan terkendali.

Dandim 1418 Mamuju juga mengatakan, terwujudnya Kamtibmas yang kondusif tidak terlepas dari semangat yang diberikan oleh Kapolda, Danrem 142 Tatag dan para PJU Polda Sulbar yang turut serta dalam kegiatan pengamanan.

“Termasuk dalam pelaksanaan apel gelar pasukan sehingga personil dilapangan betul-betul bekerja maksimal dalam memberikan pelayanan, ditambah lagi dari peran serta media dan seluruh elemen masyarakat lainnya,” ucapnya.

Kabinda Provinsi Sulbar, dalam statementnya mengatakan, memasuki tahun 2019 ini, suasana politik akan menjadi tantangan bersama. Untuk itu demi mewujudkan pesta demokrasi yang tetap aman, damai dan sejuk, yang perlu dipertahankan adalah sinergitas, kerjasama dan kekompakan yang telah dibangun sebelumnya harus terus dijaga.

Perwakilan Kakanwil Kabupaten Mamasa menyampaikan, merupakan harapan dari Kakanwil bahwa apa yang telah dibangun selama ini oleh seluruh elemen bisa terus dipertahankan untuk menjaga ketertiban di Sulbar.

“Mewakili umat Kristen se Sulbar mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kepolisian dan TNI yang telah memberikan pengamanan terbaik sehingga perayaan natal bisa berjalan aman dan lancar,” ungkapnya.

Tentu saya ingin berterimakasih kepada Kapolda oleh karena suasana awal tahun ini kita bisa melaksanakan satu acara yang sangat baik, dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat sejauh mana penanganan-penanganan kita dari sisi kantibmas baik itu pada saat tahun baru maupun pasca tahun baru.

Masih ditempat yang sama, Bupati Mamuju, H. Habis Wahid, menjelaskan bahwa, sesungguhnya konsep pelaksanaan menyambut tahun baru ini, sudah di gagas jauh-jauh sebelumnya, yang tentu dengan pertimbangan-pertimbangan agar bagaimana daerah  ini lebih aman dan terkendali diantaranya satu agama dengan agama lain sehingga demikian muncullah konsep pada saat itu, bahwa sebaiknya pada tahun baru ini mengadakan kegiatan yang bersifat religius.

“Kenapa tahun baru ini sangat adil dalam pelaksanaannya oleh karena semua komponen masyarakat dan seluruh jajaran kita sama-sama terlibat didalamnya. Insha Allah tahun depan kita akan lakukan seperti hal itu lagi,” pungkasnya.

Terakhir, Sekretaris Provinsi Sulbar Muhammad Idris DP, menyampaikan apresiasi kepada Kapolda dan jajarannya atas semangatnya dalam mewujudkan kamtibmas yang kondusif.

Menurutnya kunci keamanan itu dilihat dari pimpinan yang aktif menyiapi perkembangan situasi, misalnya kegiatan dzikir yang jauh sebelumnya telah dikoordinasikan oleh Pemerintah Kabupaten dan Kepolisian sehingga ada kerjasama dan kekompakan.

“Ya hal ini tidak lain karena peran, kepedulian dan kerjasama yang terus dibangun ditambah lagi kegiatan yang dilakukan untuk mengisi perayaan tahun baru seperti dzikir mengundang keberkahan dari Allah Subuhanahu Wataalah.”

Pelaksanaan kegiatan ini juga di warnai dengan kegiatan Deklarasi bersama untuk mendukung pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk demi mewujudkan sulbar yang malaqbi.

Turut hadir dalam konferensi pers ini, Kasrem 142 Tatag, Kepala BNN Provinsi, Kepala Bin Provinsi, Bupati Mamuju, Ketua KPU Provinsi, Ka Kanwil Kemenkuham RI Provinsi Sulbar, Dandim, Wakapolres Mamuju, Kapolres Mamasa, Danlanut dan Komandan Pos TNI angkatan Udara Mamuju.

 

(Advertorial/Zulkifli)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here