Sekprov Sulbar, Muhammad Idris mengunjungi lokasi banjir di Kalukku. (Foto Humas Pemprov Sulbar)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Pasca banjir bandang di Kecamatan Kalukku, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Barat (Sulbar),   Muhammad Idris didampingi Kepala BPBD Sulbar dan Ketua Dharma Wanita Persatuan, melakukan penijuan korban banjir tepatnya Kelurahan Bebanga, Kecamatan Kalukku, Senin, (4/3).

Saat melakukan peninjauan dilokasi banjir, Sekprov Sulbar mengaku terkejut dan menduga banjir yang terjadi pada Kamis, (28/2) kemarin, meporak-porandakan rumah-rumah warga dan fasilitas umum lainnya.

” Saya pikir ini cuma genangan air dalam kota tapi ternyata ini sangat besar dampaknya. Dan kalau kita lihat akibat yang ditimbulkan dari malapetaka ini,” ujar Muhammad Idris

“Saya atas nama pemerintah provinsi menyampaikan rasa duka atas musibah ini, mudah- mudahan bisa mendapatkan pembelajaran yang lebih jauh lagi khususnya bagi warga di Sulbar,” sambungnya.

Dirinya menuturkan, dengan kejadian tersebut, Masyarakat dan pemerintah  harus sadar betul degan peringatan-peringatan yang ada. Karena menurutnya, musibah yang terjadi ini karena alam melebihi kapasitas curah hujan yang ada.

” Tetapi  dengan kejadian ini janagan samapi ada kelalaian manusia yang ada didalamnya. Kita bersyukur karena tidak ada korban jiwa, tetapi dari kerugian materi sangat besar ” katanya

Mantan Kepala Deputi LAN ini juga menghimbau agar bagaimana bekerjasama antar komponen  yang bertanggung jawab seperti BNPB kabupaten, BNPB provinsi, Korem 142/Tatag, Polda Sulbar, Dandim, Polres, Lurah, Camat, dan LSM yang dan bergarak di bidang tersebut, agar lebih ditingkatkan.

“Kerja ini  harus reaksi cepat diperagakan,  harus ada target empat sampai lima hari kedepan harus selesai. Kalau tidak ada target nanti saling menuggu. Jadi kebersaman untuk mentunkan alat berat harus langsung didata,” imbaunya.

Selain meninjau lokasi banjir, Sekprov Sulbar yang didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Provonsi Sulbar, Kartini Idris, juga menyerahkan berupa makanan siap saji dan beberapa bantuan lainnya, yang diharapkan bermanfaat bagi korban banjir.

Terakhir, Sekprov Sulbar juga tak lupa menyampaikan terimakasih nya kepada BNPB pusat yang lebih cepat terjun ke lokasi banjir, bahkan lebih cepat dari Pemprov Sulbar.

 

ADV Humas Pemprov Sulbar

Edit : Zulkifli

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here