Tampak sejumlah pelajar SDN Kombiling saat membaca buku yang dibawa Dispusip Kabupaten Mamuju. (hms)
banner 728x90

Mamuju, Katinting.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Mamuju menyasar Desa Kombiling, Kecamatan Kalukku untuk menggalakan minat baca melalui gerakan literasi.

Gerakan literasi oleh dinas ini, (Minggu, 18 Juni 2023), bersama dengan Relawan Pustaka yang bergerak di SDN Kombiling, Desa Kombiling, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar).

Giat literasi bergerak bersama dengan mobil yang menyajikan buku bacaan, dan kegiatan nonton bareng videobook, yang merupakan inovasi baru yag menggabungkan video dan teks atau gambar dalam format video.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Mamuju, M. Fauzan Basir menjelaskan, gerakan perpustakaan di support relawan pustaka, bergerak dari SD Kombiling serta melayani komunitas, pencak sikat dan sejumlah ibu-ibu untuk membaca.

“Mobil kami standby di Kombiling untuk melayani masyarakat mengalakan literasi di Desa Kombiling,” kata Fauzan. Senin, 19 Juni 2023.

Relawan Pustaka itu binaan kami yang direkrut untuk memaksimalkan literasi bagi daerah yang sulit terjangkau, ungkapnya.

Lanjut kata Fauzan, saat ini kami fokus ke kelompok pelajar khususnya SD dan SMP serta komunitas. SMA juga kami sasar meski bukan bagian dari kerja kabupaten. “Mereka yang ingin akan kami fasilitasi”.

“Di Kalukku itu minat komunitas besar untuk menggerakkan literasi baca, sehingga kami berharap Kalukku menjadi pelopor daerah peningkatan minat baca,” harap Fauzan, Kadis Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Mamuju.

Masih kata Fauzan, Atas pesan Ibu bupati (Hj. Sitti Sutinah Suhardi) menekankan dan dipastikan semua tempat bisa diakses bacaan yang berkualitas. “Yang berkualitas itu bagaimana? yang diminati anak, yang ada edukasinya,” ungkapnya.

Semua bisa terlaksana atas dukungan Ibu Bupati, danĀ  kami terus bergerak agar minat baca melalui gerakan literasi ini bisa maksimal. Imbuhnya.

Sejumlah siswa menonton videobook yang disajikan Dispusip Kabupaten Mamuju. (hms)

(ADV/Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here