banner 728x90

PSU di TPS 19 Karema. (Anto)

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Female” buttontext=”Bacain Dong”]

Mamuju, Katinting.com – TPS 19 Karema, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU), Minggu 13 Desember 2020 di jalan Diponegoro.

Rekomendasi Bawaslu Mamuju yang dilaksanakan KPU Mamuju untuk PSU setelah diketahui adanya salah seorang yang memilih menggunakan surat panggilan milik orang lain.

Sebelumnya, Faisal Jumalang, Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Mamuju menerangkan, ada pelanggaran administrasi saat pencoblosan. “Ada oknum yang menggunakan formulir C6 orang lain untuk mencoblos di TPS 19 Karema,” ungkapnya.

Sementara itu dari hasil PSU, pasangan Sitti Sutinah Suhardi-Ado Mas’ud (Tina-Ado) memperoleh 122 suara, sedangkan pasangan Habsi Wahid dan Irwan SP Pababari (Habsi-Irwan) memperoleh 49 suara, dari total 172 pemilih yang hadir, 1 suara tidak sah dan 236 daftar pemilih tetap (DPT) yang tercatat.

Sebelum PSU diketahui pasangan Tina-Ado memperoleh 141 suara, sedangkan pasangan Habsi-Irwan  memperoleh 86 suara, dari Total 229 pemilih yang hadir, 2 suara tidak sah.

Dari hasil itu, partisipasi pemilih pada PSU menurun, dari sebelumnya yang di ikuti 229 pemilih. Komisiuner KPU Mamuju, Muhammad Rivai mengatakan, jika rendahnya pastisipasi pemilih saat PSU dikarenakan sejumlah warga sedang keluar daerah untuk liburan.

“Ini kan hari minggu jadi tadi sesuai informasi dari KPPS sejumlah warga tidak hadir karna liburan,” kata Muhammad Rivai.

Berikut data dari TPS 19 sebelum dan sesudah PSU dengan jumlah 236 DPT :

Sebelum : Tina-Ado 122 suara, Habsi-Irwan 49 suara, total pemilih 172 yang hadir, 1 suara tidak sah dan 236 daftar pemilih tetap (DPT) yang tercatat. Selisih 73 suara.

Sesudah : Tina-Ado 141 suara, Habsi-Irwan 86 suara, total pemilih 229 yang hadir, 2 suara tidak sah. Selisih 55 suara.

(Anhar)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here