banner 728x90

Perkuat Mitigasi Bencana, WRS Resmi Diluncurkan

Tidak ada komentar 177 views
banner 728x90

Sekertaris Kabupaten Mamuju Tengah, Askary Anwar, disaksikan Sekertaris BPBD Mamuju Tengah, Awaluddin Adhin, Rabu 01/07, saat menggunting pita, sebagai tanda peluncuran alat WRS generasi baru. (Mahfudz)

Mateng, Katinting.com – Mamuju Tengah dalam peta bencana masuk area yang punya potensi bencana alam cukup besar, mulai dari Banjir, Tanah Longsor, dan Gempa Bumi serra Tsunami.

Karenanya menjadi penting kemudian pemenuhan sarana dan prasarana, penguatan Mitigasi Bencana di Mamuju Tengah, sebagai patokan untuk membaca segala kemungkinan terjadinya bencana alam di Mamuju Tengah kedepan.

Untuk itu, Rabu (01/07) Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah, melalui Badan Penanggulanga Bencana Daerah (BPBD), meluncurkan alat deteksi dini bencana alam  berupa Warning Receiver Sistem (WRS) generasi baru ditempatkan dikantor BPBD Mamuju Tengah.

Sekertaris BPBD Mamuju Tengah, Awaluddin Adhin, mengemukakan WRS generasi baru ini, adalah sarana desiminasi informasi gempa bumi dan peringatan tsunami serta informasi bencana yang dibaca oleh Badan Meteorologi, Klomatologi dan Geofisika (BMKG).

“Jadi metode kerjanya, alat ini akan mengirim informasi pembacaan gempa bumi dan potensi tsunaminya atau tidak, paling lambat diterima 3 menit pasca gempa terjadi. Informasinya dikirim melalui pesan singkat, pada penerima yang sudah terdaftar,” beber Awaluddin.

Terpisah Sekertaris Kabupaten Mamuju Tengah, Askary Anwar, yang melakukan peluncuran penggunakan WRS generasi baru, menyampaikan apresiasinya, karena akhirnya Mamuju Tengah memiliki perangkat pendeteksi bencana alam, gempa bumi, tsunami, dan bencana alam yang diolah datanya oleh BMKG.

Karenanya Ia berharap kehadiran alat tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, dan semua program di Pemkab Mamuju Tengah, harus terintegrasi dengan data dari perangkat ini.

“Jadi semua program kita harus terintegrasi dengan dinas terkait supaya alat ini dapat berfungsi dengan baik dan keselamatan masyarakat kita lebih terjamin,” harap Askary.

Ia mengungkapkan, jika bencana itu tidak diminta-minta, tetapi perlu kesiapsiagaan yang besar, untuk mengantisipasi dalam hal kebencanaan. Karena daerah kita ini dilalui oleh sesar (patahan pada tubuh bumi yang mengalami pergerakan) Palu Koro.

“Dengan WRS generasi baru ini, bisa membantu pemerintah, melakukan penguatan mitigasi bencana, dan tentu alat ini sangat membantu kita semua kedepan, oleh pemerintah maupun oleh masyarakat, bila terjadi bencana,” pungkas Askary.

(Mahfudz)

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Perkuat Mitigasi Bencana, WRS Resmi Diluncurkan"