banner 728x90

Pansus Covid Sesalkan Tim Gugus Belum Menyalurkan Dana Ke Dinas Sosial Pasangkayu 

banner 728x90

Suasana Rapat Pansus Covid 19 DPRD Pasangkayu Dengan Sejumlah Pihak

Belum Terima Dana Dari Total Rp36 Miliar, Dinas Sosial Kerja Sukarela Tangani Covid

Pasangkayu, Katinting.com – Rapat Pansus Covid-19 dengan dinas Sosial, dinas PMD dan  PT Pos Indonesia cabang Pasangkayu berlangsung di ruang aspirasi gedung DPRD Pasangkayu, Sulawesi Barat, Kamis, 18 Juni 2020.

Rapat ini dipimpin ketua Pansus Covid-19 Pasangkayu, Herman Yunus. Agenda pembahasan terkait dengan pencegahan, penanganan pandemi corona dan pemulihan ekonomi kabupaten Pasangkayu.

Herman mengatakan, pansus dibuat karena progres penanganan covid-19 di lapangan terkesan tidak serius.

“Saya juga bingung melihat fakta-fakta sampai hari ini. Kita ini masuk new normal, berusaha menjadi normal, atau dipaksakan normal,” kata Herman dengan nada bertanya.

Di awal rapat, Andi Yusuf langsung mencecar sejumlah pertanyaan soal data penerima BST dan BLT yang diduga banyak yang tidak tepat sasaran.

Pasalnya, dia mendapat laporan dari beberapa kepala desa soal pemotongan anggaran bantuan. Ini ia tujukan kepada dinas PMD.

Selain itu, anggota DPRD ini juga mempertanyakan realisasi anggaran yang didistribusikan ke dinas Sosial dari total Rp36 miliar untuk penanganan covid-19 dari tim gugus kabupaten Pasangkayu.

Pasalnya, menurut Andi Yusuf, sampai hari ini, belum ada tanda-tanda akan dikucurkan bantuan tersebut ke warga yang terdaftar sebagai penerima bantuan.

Kepada kepala kantor Pos Pasangkayu, ia menyinggung soal data warga yang terdaftar penerima bantuan tapi tidak mendapat surat panggilan. Karenanya, ia ingin tahu, dana itu dialihkan ke mana.

Kadis Sosial Pasangkayu, Jamal, menjelaskan dinas hanya menerima data dari desa dan dikirim langsung ke Kementerian Sosial. Anehnya, lain yang dikirim lain pula yang turun.

Dan juga menjadi masalah, kecamatan Pasangkayu mendapat penambahan kuota yang membuat kecamatan lain akan berkurang. Dan, itu diakui Jamal, tidak sesuai yang diusulkan ke pusat.

Namun, jika ada yang layak, tapi belum terdata, itu akan diusulkan sebagai penerima baru dengan catatan harus ada berita acara.

Sedikitnya, BST sudah dua kali disalurkan dengan tahap pertama terealisasi sebanyak 94 persen dan tahap kedua 93 persen dari target lebih 8.000 orang.

Tapi, yang mencengangkan berdasarkan pernyataan Jamal, bahwa dapur umum yang berada di Sarjo dan Benggaulu masih menggunakan dana donasi dan pemotongan SPPD serta dana pasca bencana.

“Kami sudah meminta dana ke tim covid, tapi hanya mendapatkan jawaban, kosong. Bahkan hanya sebatas janji setelah berulang kali rapat. Dana itu ada pada BPBD. Kami hanya penonton,” jelas Jamal.

Kepala cabang kantor Pos Pasangkayu, mengatakan, pihak sudah berkoordinasi ke masing-masing desa jika ada warga terdaftar penerima bantuan namun tidak dapat surat panggilan.

Begitupun yang terdaftar penerima yang tidak layak, itu akan dialihkan. Tapi itu, kata Suardi, kepala kantor Pos Pasangkayu, butuh proses.

Karena itu, pansus covid-19, kata Herman Yunus, akan segera memanggil tim gugus dan TAPD untuk menjelaskan mengenai ini.

Lebih jauh, Musawir Aziz Isham memertajam pertanyaan soal dana perjalanan dinas (dinas sosial). Ia ingin diperjelas, perjalanan dinas tersebut tersinkroniasi dalam daerah atau tidak.

Pasalnya, perjalanan dalam daerah yang dimaksud tersebut tidak termasuk (penanganan) covid. Tapi, bisa ditafsirkan sebagai pemantauan. Semestinya ini include (baca_inklud) dengan anggaran covid.

Ketua Demokrat Pasangkayu ini juga menanyakan soal berapa banyak anggaran pasca bencana yang digunakan pihak dinsos selama ini.

Anggota DPRD Pasangkayu empat periode ini sangat meyayangkan setelah mendengar uraian kadis sosial Pasangkayu. Sebab, sampai sekarang dinas tersebut belum dapat anggaran covid dari tim gugus.

“Ini sangat disayangkan kenapa bisa terjadi. Kami berharap seharusnya anggaran benar-benar sudah didistribusikan ke dinas yang memang berkompeten soal itu,” sesal salah satu pejuang pembentukan kabupaten Pasangkayu itu.

Arham Bustaman

Bagikan

Pencarian Terkait

banner 728x90
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pansus Covid Sesalkan Tim Gugus Belum Menyalurkan Dana Ke Dinas Sosial Pasangkayu "