Buruh tani melakukan penyadapan getah dari pohon pinus di Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (Dok. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ama/18)
banner 728x90

Mamasa, Katinting.com – Kabar baik untuk para petani Getah Pinus Kabupaten Mamuju. Sebab, PT Kencana Hijau Bina Lestari (KHBL) yang dikabarkan akan kembali membeli getah pinus pada pekan depan. Pembelian pinus akan dil mulai pada 28 Oktober 2023 mendatang.

Hal itu tertera dalam surat Internal Memo (IM), menyatakan keterangan untuk membeli kembali getah pinus yang ada di petani. Surat IM ini ditandatangani oleh Site Manajer PT KHBL, Gigih Tri H.

Adanya surat IM yang dikeluarkan oleh perusahaan, dibenarkan Humas PT. KHLB, Andi Waris Tala.

“Benar dinda PT KHBL, akan kembali membeli getah pinus di Kabupaten Mamasa,” kata Andi Waris saat dikonfirmasi, Jumat (19/10/23).

Dia menuturkan, pembelian kembali getah pinus di kabupaten Mamasa bukan karena desakan dari pihak manapun.

“Tapi murni perusahaan yang memperhitungkan para petani getah pinus di Mamasa,” sebutnya.

Olehnya, dia meminta kepada para petani agar tidak mudah percaya jika ada oknum yang mengatasnamakan bahwa ada perusahaan yang bisa membeli geta pinus selain KHBL.

“Kalau ada pihak perusahaan yang mau membeli getah pinus selain KHBL. Itu harus dipertanyakan legalitasnya,” ujarnya.

Terkait proses penyelidikan terhadap PT. KHBL yang tengah bergulir di Kejaksaan Negeri Mamasa, ia menyatakan hal tersebut tidak mempengaruhi proses jual beli getah pinus.

“Kita tetap menghargai proses hukum yang dihadapi oleh pihak PT KHBL. IM itu terbit atas pertimbangan pimpinan KHBL demi kepentingan Masyarakat Kabupaten Mamasa,” ungkapnya.

Diketahui PT KHBL Site Mamasa sempat berhenti sementara melakukan proses jual beli beberapa waktu lalu. Penghentian sementara jual beli karena ingin fokus pada penyelidikan di Kejari Mamasa.

(Adi)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here