banner 728x90

Majene, Katinting.com – Dinas Transmigrasi Provinsi Sulbar menyelenggarakan penyuluhan ketransmigrasian di Kawasan Transmigrasi Ratte – Ulumanda, Selasa, 5 Maret 2024.

Acara ini berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Ulumanda, Kabupaten Majene, dengan tujuan membahas rencana pembangunan jalan yang menghubungkan dua kawasan transmigrasi yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Kepala Dinas Transmigrasi Provinsi Sulbar, Ibrahim menuturkan, tujuan diselenggarakannya  kegiatan ini untuk membahas tentang rencana pembangunan Jalan yang menghubungkan Ratte Kecamatan Tutar Kabupaten Polman dengan Ulumanda Kabupaten Majene.

Dimana, kedua daerah tersebut merupakan kawasan Transmigrasi yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

“Pembangunan dan pengembangan kawasan Transmigrasi merupakan bagian integral dari arah kebijakan dan strategi di bidang ketransmigrasian,” kata Kepala Dinas Transmigrasi Sulbar.

Dia menambahkan, jalan penghubung kawasan tiga Kabupaten yang menghubungkan Desa Ratte (Polman) ke Ulumanda (Majene) dan Mehalaan (Mamasa),  penyelesaiannya telah dibagi kedalam empat segmen.

“Sebagian kita sudah kerjakan, segmen pertama yaitu jalan sepanjang 25 Kilometer  dan lima jembatan beton Sika ke Mehalaan Mamasa ke arah Matangnga, Polman pembangunannya terealisasi selesai dari 2014 tahun sampai 2018,” ujarnya.

Segmen kedua, jalan dengan panjang sembilan kilometer dari Taramanuk Tua ke Ratte Kabupaten Polman, segmen Ketiga, pembangunan jalan 5,07 kilometer dari Ratte Kabupaten Polman ke Ulumanda Kolehalang Kabupaten Majene dan segmen keempat,  Pembangunan jalan 14 Kilo meter dari Ulumanda Kolehalang ke Tameroddo (Jalan Trans Sulawesi) Kabupaten Majene.

Ibrahim menjelaskan, sebagai tugas Transmigrasi adalah merintis jalan yang masih Non status, apabila jalan itu berstatus Kabupaten, Provinsi ataupun Nasional, pihaknya tidak dapat memasuki pengerjaan jalan tersebut.

“Saat ini kita upayakan untuk pembangunan jalan dari Kolehalang (SP 1) ke Tammejannang (SP 2) sepanjang 6 Km. sesuai hasil identifikasi kami dan dikerjakan secara bertahap,” ucap Ibrahim.

“Pembangunan jalan dari Taramanuk Tua  ke Ratte itu panjangnya 9 km lebih dan dibangun secara bertahap,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana yang juga Kepala Bidang pembangunan dan penempatan Transmigrasi Provinsi Sulbar, Darmawati Jusuf, dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan penyuluhan ketransmigrasian ini adalah memberi kesepahaman bersama terkait pembangunan kawasan Transmigrasi Ratte dan Ulumanda.

“Dimana rencana akan dibangun jalan yang menghubungkan UPT Ratte Kecamatan Tutar Kabupaten Polewali Mandar dengan UPT Ulumanda Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene,” ungkapnya.

Penyuluhan ketransmigrasian di Kawasan Transmigrasi Ratte – Ulumanda yang selenggarakan Dinas Transmigrasi Sulbar itu dihadiri Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulbar, Andi Aco Takdir, Pemerintah Kabupaten Majene dan Polewali Mandar, Camat Ulumanda, Camat Tutar, Kepala Desa Ratte, Kepala Desa Besoanging Utara, Kepala Desa Panggalo, Kepala Desa Ulumanda, para tokoh masyarakat serta para peserta penyuluhan Transmigrasi.

(*)

Bagikan
Deskripsi gambar...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here